Saatnya Mahasiswa Teknik Bermain di Pasar Online

 
MALANG - Potensi Jurusan teknik dalam dunia kerja selama ini hanya sebagai pembuat produk. Namun, Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana (Unidha) menginginkan lulusannya bisa mengembangkan potensi sebagai marketer. Untuk itu, FT Unidha menggelar seminar dengan tema, membangun Start Up Bisnis melalui Digital Marketing.
Menurut Dekan Fakultas Teknik Unidha Taufiqurrahman ST MT, saat ini dunia marketing sangat potensial bagi lulusan baru. Namun, mahasiswa teknik seringkali tidak pandai memasarkan produknya.
Keynote speaker dalam acara ini, Haryo Ardito seorang konsultan management digital marketing mengatakan, sangat disayangkan bila mahasiswa atau lulusan teknik hanya menjadi pencipta. Sebab, menurutnya mahasiswa teknik akan lebih potensial jika mempunyai skill marketing.
Ia memaparkan, trik dam strategi yang harus dimiliki mahasiswa teknik yakni skill digital marketing. Menurut Haryo, skill yang harus dimiliki mahasiswa teknik  adalah desain aplikasi yang unik dan menarik.
"Untuk mahasiswa teknik, harus pandai membaca pasar. Caranya adalah, buatlah software atau aplikasi yang sedang dibutuhkan oleh pasar dengan desain menarik. Misalnya saja aplikasi belanja online," kata Haryo.
Haryo memaparkan, ketika sudah menjamurmya aplikasi online, mahasiswa teknik saat ini berpeluang untuk membuat pasar online. Pasar online artinya adalah, membuat sarana bertemunya penjual dan pembeli. Ketika mereka sudah membuatnya, mereka harus bisa mendesain pasar online ini se-unik mungkin. 
"Saya yakin, kalian sudah mempunyai ilmu desain yang pas. Sekarang tinggal jiwa-jiwa marketingnya yang harus dimunculkan," kata dia.
Haryo menungkapkan, memiliki jiwa-jiwa marketing ini penting. Ketika mereka membuat konten aplikasi yang menarik harus ada sentuhan yang menjual.
"Membuat desainnya jangan asal. Harus yang menjual. Triknya seperti tadi, membaca pasar. Misalnya untuk anak muda harus ada sentuhan anak mudanya, full colour misalnya," lanjutnya.
Haryo berharap, start up bisa merambah ke dunia sains dan bisa dikuasai oleh mahasiswa saintek. Sebab potensi mereka sangat besar .
"Akan sangat sayang, ketika mereka sudah membuat produk, Tetapi orang lain yang mendapat untung dari pemasaran produk itu,” kata dia.
Setelah ini, lanjut dia,  mahasiswa teknik harus mulai berbondong-bondong membuat aplikasi dengan desain yang menyesuaikan kebutuhan pasar. Agar ketika nanti lulus, bisa terus dikembangkan.
"Pelan-pelan dulu saja. Saat ini, membuat desain dengan memasarkan dulu saja. Berikutnya jika sudah merasa punya produk menarik bisa menjelaskan ke klien dan mulai mencari klien untuk mulai dipasarkan," pungkasnya. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :