Spiritualitas Kunci Sukses dalam Karir


MALANG - Belajar di dalam kelas saja tidak cukup, karena itulah tim dosen Manajemen STIE Malangkucecwara Malang (ABM) mengundang praktisi industri. HRD PT Pelindo III Mohammad Syafiudin MBA dihadirkan di hadapan mahasiswa Manajemen untuk membuka wawasan mereka terhadap dunia kerja.
Syafiudin dalam paparannya mengingatkan pentingnya sumber daya manusia dalam dunia kerja. SDM yang dimaksudkan bukan yang biasa saja, tetapi yang memiliki keunggulan.
“Talented people itu yang saat ini dibutuhkan, CEO atau HRD tidak mencari orang yang biasa tapi yang luar biasa,” ujarnya.
Kandidat Doktor Universitas Airlangga Surabaya ini menuturkan,  SDM yang luar biasa dibutuhkan karena tantangan saat ini tidak mudah. Menurutnya, kegelisahan kini melanda para pelaku usaha bahkan di Amerika. Para CEO gelisah karena dikejar target. Menurutnya, yang perlu dilakukan untuk mengatasi kegelisahan tersebut yakni ciptakan hal yang baru, tampil beda dan manajemen SDM.
“Dulu orang menilai organisasi hebat itu dari asetnya yang banyak atau gedung dan pabriknya. Tapi sekarang yang dilihat adalah berapa jumlah orang hebat di perusahaan itu,” tegasnya.
Sementara dosen Manajemen ABM Siwi Dyah Ratnasari, SE. MM. CPTM, menuturkan, tema spiritualitas di dunia kerja diusung sebagai tema kegiatan ini. Sebab, menurutnya, bekal spiritualitas ini penting dalam dunia kerja. Biasanya, menurutnya, mereka cenderung tahan banting dan tidak mudah pindah kerja. SDM dengan spiritualitas bagus juga biasanya tidak mudah mengeluh dan mudah beradaptasi.
“Spiritualitas itu adalah basic untuk mengembangkan karir ke depan,” tegasnya.
Senada, dosen Manajemen ABM Prof Dr Yupono Bagyo, SE. MS. MM, CHRP menuturkan, kegiatan guest lecture ini digagas oleh tim dosen yang tergabung dalam Human Capital Accounting Bussiness and Management (HC ABM). Kegiatan guest lecture yang digelar merupakan agenda rutin dua kali dalam satu semester. Harapannya melalui kegiatan ini bisa menghapus ketimpangan antara kebutuhan dunia kerja dan lulusan.
“HC ABM menggelar kegiatan ini dengan harapan memperkecil ketimpangan antara dunia kerja dan lulusan, kehadiran praktisi diharapkan bisa membuka wawasan mahasiswa akan dunia luar,” bebernya.
HC ABM beranggotakan lima orang dosen, dengan ketua Prof Yupono, dan anggota Siwi Dyah Ratnasari SE MS MM CHRP, Dr Rina Ratnawati, SE CAAC, Dra Sherly Hesty Erawati, MM dan Rina Irawati, SE MM. (oci/adv)

Berita Lainnya :

loading...