magista scarpe da calcio Perguruan Tinggi Harus Bisa Sumbang Devisa


Perguruan Tinggi Harus Bisa Sumbang Devisa

MALANG - Perguruan tinggi mempunyai fungsi sebagai agen pendidikan, agen penelitian dan agen perkembangan budaya. Untuk itu, penting bagi perguruan tinggi untuk memiliki sebuah visi bersama dengan indikator kinerja yang terukur. Hal tersebut diungkapkan Dirjen Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, PhD dalam agenda diskusi yang digelar UB.
“Di Australia, perguruan tinggi dituntut mampu mendatangkan devisa. Saat ini kampus berkontribusi sebagai penyumbang devisa kedua di negara tersebut,” ujarnya dirilis Humas UB.

Lebih jauh, pria yang juga Ketua Dewan Pengawas UB menyinggung fenomena di kampus saat ini dimana dosen lebih banyak di jabatan struktural. Hal ini mengimbas pada kurangnya kinerja akademik.
“Di era supremasi sipil seperti saat ini, kampus membutuhkan pemimpin akademik,” kata dia.
Secara sederhana, pemimpin akademik adalah kepemimpinan di institusi akademik. Namun lebih dari itu, pemimpin akademik adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam pengembangan keilmuan.
Kemampuan untuk memahami masa depan membutuhkan strategi dan wawasan luas. Hal ini ditandaskannya untuk menyongsong Indonesia emas pada 2045. Sebagaimana diprediksi Price Water Coopers, bahwa pada masa itu, Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia.
Terkait UB dengan visinya sebagai perguruan tinggi berkelas dunia, Ali Ghufron mengingatkan pentingnya kepemimpinan, strategi dan kebersamaan. Sebagai PTN berstatus BLU, menurutnya UB perlu lebih meningkatkan produktivitas daripada akses. Misalnya dengan meningkatkan penelitian dan publikasi ilmiah daripada menambah jumlah mahasiswa program sarjana.
Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS dalam paparannya mengharap FGD ini mampu melahirkan desain pengembangan kepemimpinan akademik baik untuk tenaga kependidikan maupun dosen. Dua hal yang menjadi tantangan dalam kepemimpinan di kampus menurutnya adalah keilmuan dan administrasi. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top