Tebarkan Manfaat Pada Lingkungan

 
MALANG - Kosayu Green 2017 SMPK Kolese Santo Yusup 1 telah usai. Acara yang digelar sejak Oktober lalu berjalan dengan sukses. Kegiatan ini ditutup dengan acara Jalan Sehat dan Makan Sehat oleh seluruh civitas SMPK Kosayu 1 berserta orang tua siswa pada akhir pekan lalu. 
Kosayu Green 2017 dimulai dengan agenda penanaman bibit pohon pada 13 Oktober. Kegiatan ini digelar di daerah Pantai Sendang Biru dengan penanaman bibit pohon mangrove. Di hari yang sama siswa juga menanam bibit pohon trembesi dan mahoni di daerah Coban Talun Kabupaten Malang. 
Sebagian siswa juga belajar cara bercocok tanam dengan berbagai metode. Salah satunya dengan cara stek. Kegiatan ini digelar di daerah wisata Sahabat Alam Karangploso.
“Seluruh rangkaian kegiatan di hari pertama ini tersebut merupakan bagian dari pembelajaran pada siswa bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Salah satunya dengan melakukan penghijauan utamanya di daerah-daerah yang rawan terjadi bencana longsor, banjir dan sebagainya,” ucap Ketua Pelaksana Bertha Ispriantami, S.Pd.
Selain menanam sendiri, siswa-siswi SMPK Kolese Santo Yusup 1 juga berbagi ribuan bibit pohon hias kepada Jamaat Gereja setiap minggunya. Hal ini merupakan bentuk konsistensi sekolah sebagai lembaga yang tak hanya mengedukasi peserta didiknya, namun juga menggandeng masyarakat untuk melangkah bersama dalam mencintai lingkungan.
“Jika satu orang mendapatkan satu bibit, maka dia mempunyai tanggungjawab untuk menjaga tumbuhan tersebut. Setidaknya kami berikan satu pohon untuk ditanam di satu rumah,” ucapnya.
Pada tanggal 12 November, kegiatan Kosayu Green 2017 dilanjutkan dengan agenda tryout bersama oleh siswa-siswi SD se Kota Malang. tercatat lebih dari 200 peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Melalui tryout, SMPK Kolese Santo Yusup 1 menjadi wadah dalam memfasilitasi siswa kelas VI SD untuk mengukur sejauh mana kesiapan mereka dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) tahun ini.
“Di sela acara kami juga memfasilitasi orang tua atau pembina yang mengantarkan anaknya dengan seminar parenting. Semoga seluruh rangkaian kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Bertha.  (imm/sir/aim)

Berita Lainnya :

loading...