Kosayu Green 2017 Kampanyekan Hidup Sehat

 
MALANG – Jalan sehat dan makan sehat menjadi penutup puncak rangkaian Kosayu Green SMPK Kolese Santo Yusup 1 Unit dr. Sutomo yang digelar Sabtu (9/12) lalu. Seluruh siswa bersama dengan orang tua wali murid ikut menyemarakkan kegiatan penutup Kosayu Green yang kali sembilan digelar rutin setiap tahunnya. 
Peserta yang tampak kelelahan, usai jalan sehat disuguhkan sajian makanan sehat sebagai sarapan pagi yang disiapkan orang tua dan wali murid. Sambil menikmati sarapan makanan sehat, mereka disuguhkan beragam penampilan seni kreatifitas. 
“Terkait makanan sehat ini yang bertangungjawab adalah orang tua. Diantara mereka banyak yang berprofesi sebagai dokter yang tentu lebih tahu tentang kriteria makanan sehat seperti apa,” ucap Humas SMPK Santo Yusup 1 Herningtyas S.Pd. kepada Malang Post.
Dijelaskannya, makan sehat pada program Kosayu Green tersebut juga bertujuan untuk mendukung program kantin sehat yang telah berjalan sejak satu tahun terakhir. Kantin sehat di SMPK Santo Yusup 1 diberlakukan beberapa peraturan yanag sesuai dengan kriteria kesehatan dan lingkungan. 
“Program kantin sehat ini kami berlakukan sejak dijalankannya program five days school dan moving class. Kami berupaya dalam satu tahun ini program tersebut dapat terinternalisasi lebih dalam,” terang Tyas.
Kepala Sekolah SMPK Santo Yusup 1 Maria Monica Tjiong Mei Tjien S.Pd, menjelaskan, program Kosayu Green akan selalu konsisten digelar dengan bertemakan lingkungan. Tahun lalu, Kosayu Green juga menyebarkan bibit tanaman dan bahkan bibit ikan hingga ke Karangkates. 
“Kalau tahun ini, kami mengajak anak-anak menanam bibit tanaman bakau di daerah pantai selatan. Kelas 9 menanam bibit pohon di Coban Talun. Dan kami tidak ingin sendiri, untuk itu kami membagikan tanaman hias pada masyarakat, untuk terlibat dalam penghijauan dan cinta lingkungan,” jelas Monica, sapaan akrabnya.
Melalui program rutin Kosayu Green ini, Monica berharap, imej yang melekat di masyarakat tetang SMPK Santo Yusup 1 dapat diluruskan. Selama ini masyarakat menganggap, sekolah di jalan dr. Sutomo Klojen ini hanya fokus pada pendidikan akademik saja.“Padahal tidak hanya akademik saja, sejak dulu pun kami telah melakukan beragam kegiatan non-akademik yang dapat menunjang hasil akademik,” tuturnya. 
“Anak-anak kami bimbing belajar dalam takaran yang tepat. Mereka punya kemampuan lain dan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial yang baik. Itu yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat,” sambungnya. 
Sebagai informasi kepada masyarakat, SMPK Kolese Santo Yusup 1 Unit dr. Sutomo telah membuka pendaftaran bagi calon Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2017-2018. Untuk Infomrasi bisa menghubungi 0341-361090. (yan/imm/aim)

Berita Lainnya :