Program Spesialis Emergency Hanya Ada di UB


MALANG – Kebutuhan dokter spesial emergency medicine (EM) sangat tinggi. Sayangnya, program ini hanya ada satu yakni di Universitas Brawijaya (UB). Tingginya kebutuhan dan minimnya lulusan EM membuat Indonesia darurat dokter spesialis EM. Program Doktor spesialis Emergency ini berdiri tahun 2000. Hingga saat ini, sudah berhasil meluluskan 50 dokter spesialis Emergency Medicine.
Salah satu pengurus program doctoral, yang juga Dokter spesialis EM RS Saiful Anwar Malang, Dr Ali Haedar SpEM mengatakan, kebutuhan dokter spesialis EM di Indonesia sangat banyak, terutama karena dokter jaga di UGD kebanyakan adalah dokter umum yang baru lulus atau kurang pengalaman.
Karena Dokter spesialis EM tidak bisa bekerja sendiri, melainkan bekerja sebagai partner dokter spesialis lain dalam tim, sehingga pasien bisa tertangani dengan lebih baik, pada program ini juga diajarkan hal itu.
“Saya pernah melakukan penelitian dengan target jumlah pasien yang diharapkan hidup adalah 100 orang. Namun dengan penanganan tim yang melibatkan dokter spesialis EM, pasien yang hidup sejumlah 109 orang dan melampaui target,” ujar dosen FK UB itu.
Ali mengatakan, dokter spesialis EM bertugas untuk melakukan tindakan emergency sebelum menjembatani pasien ke dokter spesialis yang dibutuhkan untuk menangani penyakit pasien. Adanya dokter spesialis EM bisa menurunkan mortalitas (kematian) dan morbiditas (penyakit).
Ia mengatakan, kebutuhan dokter spesialis EM di Indonesia sangat banyak, terutama karena dokter jaga di UGD kebanyakan adalah dokter umum yang baru lulus atau kurang pengalaman.
Kebutuhan dokter spesialis EM di Indonesia coba dipenuhi oleh FK UB dengan mengirimkan 41 lulusan ke luar Malang. Dari mulai Aceh hingga Kupang, agar pasien tertangani dengan baik dan sistem itu terlaksana merata di Indonesia.
Harapannya Indonesia bisa menerapkan sistem Emergency yang benar-benar dari profesional emergency medicine. Sebab, diperlukan keterampilan khusus untuk bidang itu. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...