Performa Guru OK, Peringkat Sekolah Melesat


MALANG - Berinovasi untuk mengembangkan kemajuan sekolah terus diupayakan oleh Kepala SDN Bareng 3 Kota Malang Anton Henawanto, S.Pd. Beberapa program dilakukannya agar membanggakan guru, siswa, orang tua, lingkungan hingga warga sekitarnya. Sehingga dari program yang dilaksanakannya berhasil membawa SDN Bareng 3 Kota Malang naik peringkat dari 212 menjadi peringkat 28 se Kota Malang.
Dalam penerapan program yang dilakukannya sebagai kepala sekolah sejak 2013 di SDN Bareng 3 Kota Malang itu, Anton Henawanto terbilang sukses.
“Ada tiga program yang saya terapkan untuk pengembangan sekolah yaitu, merubah mindset, performance dan kultur untuk diterapkan ke semua elemen yang ada,” ujar Anton kepada Malang Post, Senin (11/12).
Anton yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris PGRI Kota Malang ini menjelaskan, bahwa program yang ia bawa terbilang berhasil karena bisa mengangkat peringkat sekolah yang dipimpinnya.
“Pertama dengan merubah mindset yang dimulai dari guru, murid, orang tua dan lingkungan. Misalkan budaya saling menghormati yang tidak terbatas dengan usia saja hingga kebersamaan dalam menyelesaikan masalah,” terangnya.
Sedang untuk performance atau penampilan diungkapnya, adalah penampilan tenaga pendidik mulai dari kerapian pakaian, lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.
“Barulah setelah keduanya telah diterapkan akan tercipta kultur yang positif. Sehingga guru bisa memberikan pengajaran yang baik dan maksimal kepada murridnya. Begitu juga dengan murid akan bisa menerima pembelajaran dengan senang dan nyaman,” ucap Anton.
Tidak hanya itu, ia juga sering melakukan diskusi bersama para guru, wali murid dan warga sekitar agar tercipta harmonisasi anatara ketiganya. Hal itu dilakukannya untuk menghndari masalah ataupun menyelesaikan masalah agar segera teratasi. Ia juga menerapkan kepada semua guru untuk dapat mengaplikasikan IT. Sehingga pengajaran untuk anak-anak bisa mengikuti perkembangan zaman.
“Kami juga memiliki kader cilik di bidang UKS dan pramuka dengan beraksi turun ke jalan raya.Tujuannya, kami ingin mengajak masyarakat untuk turut serta mencintai lingkungan dengan mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman,” pungkasnya. (ery/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :