SMKN 6 Buka Bank Sampah Online


MALANG - Bank Sampah SMKN 6 Malang membuka layanan secara online. Dengan model ini, siswa makin mudah ketika akan menyetorkan sampahnya. Nasabah dari Bank sampah online ini nantinya bukan saja siswa, namun juga orang tua. Selain itu, orang tua untuk bisa berpartisipasi sebagai nasabah juga agar bisa mengontrol siswanya untuk menabung. 
“Karena bisa mengoperasikan sendiri, takutnya nanti mereka malah tidak jujur. Tujuannya melatih kejujuran dan tetap control orang tua perlu,” ungkap Sulaiman Sulang, Pencetus Bank Sampah SMKN 6.
Yang berubah dari sistim Bank sampah online  adalah, siswa dilatih kejujuran, sebab mereka bisa menginput data sendiri, tanpa bantuan pelayanan. Menurut Sulaiman, dari sinilah integritas mereka diuji. Sulaiman menggandeng tim IT untuk menyukseskan program ini.
Bank Sampah yang dilakukan SMK Negeri 6 Kota Malang adalah solusi dalam menyikapi persoalan kebersihan lingkungan dan persoalan keterlambatan pembayaran sumbangan penyelenggara pendidikan (SPP) para siswanya.
Bank sampah ini sangat mempunyai banyak manfaat, bahkan pada akhir masa sekolah, selalu terjadi pemutihan penunggakan pembayaran sekolah hingga mencapai 30 persen. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...