magista scarpe da calcio Budaya Pesantren Kuat, Unisma Raih API


Budaya Pesantren Kuat, Unisma Raih API


MALANG - Universitas Islam Malang mendapatkan penghargaan Apresiasi pendidikan Islam (API) tahun 2017 dari Kementerian agama republik Indonesia (Kemenag RI). Unisma meraih penghargaan dengan kategori pengelolaan manajemen perguruan tinggi Islam Swasta berbasis pesantren terbaik. Penghargaan ini diberikan di kampus Unisma pada Sabtu (16/12).
 Rektor Unisma Prof Dr. Maskuri, M.Si mengatakan, Unisma memang tidak main-main dalam membangun karakter religius. Sejak beberapa tahun lalu, kampus beralmamater hijau ini sudah menerapakan budaya religius. Adanya rusunawa yang baru dibangun semakin memperkuat budaya agamis ala pesantren yang diterapkan Unisma. Rusunawa yang dihuni 1200 mahasiswa ini dikonsep seperti kehidupan pesantren.
Maskuri mengatakan, secara keseluruhan, kampus ini juga melakukan pembiasaan-pembiasaan untuk berbudaya agamis seperti pesantren. Menurutnya menjadi perguruan tinggi seperti pesantren tidak harus berkonsep penuh seperti pesantren, yang mahasiswanya harus menginap di kampus, namun nuansa pesantren inilah yang perlu ditonjolkan.
Untuk menerapkan nuansa kampus yang agamis selayaknya kehidupan pesantren, ia menerapkan kebiasaan membaca salawat sebelum proses perkuliahan. Lantunan ayat suci Alquran, juga dikumandangkan melalui pengeras suara setiap hari agar terdengar di seluruh penjuru kampus.
"Teknisnya, dari setiap kantor divisi harus ada, sound system yang tujuannya memang untuk membumikan ayat Alquran. Tujuannya adalah untuk membiasakan telingan civitas akademik kami dengan ayat-ayat Alquran," jelas Maskuri.
Selain itu, lanjut dia, kebiasaan lainnya adalah diadakannya Khatmil Quran setiap hari Rabu pada minggu pertama. Ia menargetkan, ini dilakukan puluhan kali dalam sehari.
Alasannya menerapkan hari Rabu adalah Unisma ingin kembali menerapkan ajaran kepada kitab klasik para ulama yang didalamnya tertulis hari Rabu sebagai salah satu hari yang dimuliakan.
"Menerapkan ajaran kitab klasik para ulama itu juga termasuk mendidik mahasiswa bahwa banyak ajaran-ajaran ulama yang juga perlu diterapkan," kata Maskuri.
Selain itu, perayaan hari besar Islam juga selalu dikemas dengan melibatkan seluruh mahasiswa dan keluarga civitas akademik Unisma.
"Pada hari santri tahun lalu, kita dapat rekor Muri dengan melibatkan mahasiswa untuk seluruhnya kuliah memakai sarung. Lalu tahun ini, rekor muri kami cetak dengan penandatanganan deklarasi Islam damai oleh seluruh mahasiswa," terangnya.
Dr. Dr. Imam Syafi'i M.pd. perwakilan Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI mengungkapkan, penghargaan ini diberikan agarmenjadi keterpeloporan di perguruan tinggi agama Islam. Dengan penghargaan yang diraih Unisma bisa membawa Indonesia untuk menjadi destinasi pendidikan Islam di dunia. (sin/oci)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top