Ribuan Pelajar NU Tuntut Kemerdekaan Palestina


MALANG - Sedikitnya 2.000 pelajar melakukan aksi untuk Palestina, Sabtu (16/12/17). Mereka berasal dari lima sekolah yang bergabung meramaikan aksi. Start pukul 08.00 WIB, para pelajar bergerak dari Jalan H Mustofa menuju Lapangan Asrikaton. Setelah sebelumnya diberangkatkan koordinator aksi Salim Alifin, MH. Sepanjang jalan mereka menyanyikan lagu Subhanol Waton. Aksi ini pun mengundang antusias warga sepanjang jalan yang dilewati.
“Ini adalah bagian dari pembelajaran sejarah bagi siswa kami, ini adalah aksi kami untuk seruan kemerdekaan Palestina,” ungkap Waka Kesiswaan SMP NU Pakis, Agus Hariadi S.Pd.
Aksi berlangsung tertib dan mendapat sambutan positif dari warga. Meski ada ribuan yang turun jalan, namun tidak sampai menimbulkan kemacetan di sana. Sebab, menurut Agus, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil Pakis. Para peserta aksi terlihat bersemangat meski harus berjalan kaki.
“Peserta malah menganggap ini jalan santai yang bernilai ibadah karena mereka merasa muslim satu dengan muslim yang lain adalah saudara,” tegasnya.
Selain SMP, SMA dan SMK NU Pakis, aksi tersebut juga melibatkan SMP Al Faqih Sukoanyar, dan MTS Hasyim Asy’ari Pakis. Siswa membawa ratusan spanduk dan juga atribut bertuliskan solidaritas untuk Palestina. Di akhir kegiatan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh ketua tanfidhiyah MWC NU Pakis.
Sementara Kepala SMP NU Pakis Junaedi, S.Pd menuturkan, isu penguasaan Israel atas palestina bukan hanya sekadar isu agama,  tapi merupakan isu kemanusiaan.
“Israel sudah terlalu banyak melanggar hukum internasional, hak asasi manusia dan bahkan sudah bisa dikategorikan kejahatan kemanusiaan. Maka kami sepenuhnya akan selalu mendukung perjuangan Palestina,” tegasnya.
Aksi ini juga merupakan dukungan moral bagi pemerintah Indonesia yang sedang dan selalu memperjuangkan kemerdekaan dan hak-hak bangsa Palestina. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...