Siap Jadi Kampus Riset Bereputasi Nasional

 
MALANG - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pradnya Paramita (STIMATA) menggelar Wisuda ke-17 Sarjana dan Ahli Madya tahun akademik 2016/2017, di Hotel Kartika Graha, Sabtu (16/12). Sebanyak 42 wisudawan dikukuhkan di hadapan para senat, wali orang tua wisudawan serta Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan Pradnya Paramita.  
Dari 42 wisudawan, program studi D-III manajemen informatika sebanyak 5 lulusan, S-1 Teknik Informatika 17 lulusan dan S-1 Sistem Informasi sebanyak 20 lulusan.  Ketua STMIK Pradnya Paramita Dr. Tb. Mohammad Akhriza, S.Si, MMSI menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas kelulusan sebagai hasil dari usaha dan jerih payah mereka selama melaksanakan tugas akademik. 
“Ini menjadi bukti bahwa kalian semua siap kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang berkualitas,” kata Dr. Tb. Mohammad Akhriza, S.Si, MMSI.
Riza sapaan akrab Tb. Mohammad Akhriza, memaparkan visi STIMATA untuk menjadi kampus IT terkemuka dan terpercaya di Jawa Timur pada tahun 2020. Wujud visi tersebut dengan menjadikan STIMATA sebagai kampus riset bereputasi nasional. 
“Untuk mencapai visi tersebut, kami menetapkan sebuah tonggak milestone yaitu pada akhir tahun 2018 menjadi kampus yang mulai mengemuka sebagai kampus riset,” ungkapnya. 
Hingga saat ini menurutnya, STIMATA telah memiliki 24 dosen yang bergelar Magister. Dua orang diantaranya telah bergelar doktor, dari Universitas Gunadarma Jakarta dan dari Universitas Gajah Mada. Delapan orang saat ini sedang menempuh studi Doktoral di Universitas Gunadarma. 
”Peningkatan kualitas dosen ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai tonggak tersebut,” imbuhnya. 
Dibidang kemahasiswaan, STIMATA juga menorehkan prestasi yang cukup membanggakan, antara lain dimenangkannya hibah Program Kreativitas Mahasiswa. Kini, salah seorang mahasiswa STIMATA menjadi finalis di ajang pencarian Gladiator Cyber Security – Born to Protect tingkat regional.
Tahun ini juga, STIMATA memperoleh nilai Akreditasi Institusi Peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nomor surat 2702/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017. Selain terakreditasi dalam level institusi, semua Prodi di STIMATA juga telah terakreditasi B dari BAN PT.
”Ini merupakan langkah besar kami melakukan proses Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Alhamdulillah, atas Izin Allah yang Maha Kuasa, kampus tercinta kita ini memperoleh telah terakreditasi institusi peringkat B,” ujar Riza.
Saat ini STIMATA telah mengukuhkan diri sebagai Kampus IT terbaik se-Malang Raya dalam peringkat akreditasi.
”Hasil ini tentunya selain wajib disyukuri, juga perlu disikapi dengan menjadi lebih berprestasi dalam ketiga aspek Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.
Usai sesi pengukuhan gelar sarjana, diberikan penghargaan kepada para lulusan terbaik. Penghargaan ini diberikan sesuai jenjang pendidikan mereka. Untuk jenjang D-III diraih oleh Helin Noorzannah, Amd dan jenjang S-1 diberikan kepada Santi Dwi Ratnasari, S.Kom. 
Keduanya mendapat beasiswa untuk Studi Lanjut ke jenjang lebih tinggi. Bagi lulusan terbaik D-III, bisa melanjutkan studi Strata Satu di STMIK Pradnya Paramita. Sedangkan lulusan terbaik S-1, ke Universitas  Gunadarma Jakarta.
“Alhamdulillah saya bersyukur bisa menjadi lulusan terbaik. Dan sesuai dengan yang saya cita-citakan, bisa melanjutkan S2 dengan beasiswa,” ucap Santi Dwi Ratnasari kepada Malang Post. 
Adapun Helin saat ditnaya tentang tipsnya menjadi lulusan terbaik mengatakan, bahwa selama kuliah dirinya tidak membuang waktu sia-sia. Setiap tugas dikerjakan dengan sungguh-sungguh tanpa ada kata menyerah.
“Man Jadda wa Jadda, barang siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil,” ungkapnya dengan singkat. (imm/sir/aim)

Berita Lainnya :