Miliki Program CSR, Bantu Peningkatan Kualitas SMP dan MTS Malang Raya


MALANG - PROGRAM Corporate Sosial Responsibility (CSR) biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam rangka peduli lingkungan. Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang telah mapan, SMK PGRI 3 juga tak mau ketinggalan memberikan CSR. Yakni dengan membantu sekolah swasta dalam upaya peningkatan mutu melalui sarana prasarana maupun pelatihan.
SMK PGRI 3 atau SKARIGA memiliki SDM guru yang berkualitas. Sekolah pun memanfaatkan keunggulan tersebut untuk membantu sekolah lain. Seperti kemarin,  digelar workshop di SMPN 1 Pujon. Workshop ini bertema Pengembangan Power Point dan Animasi serta Bahan Ajar. Pembicara dari Guru ahli multimedia dan animasi di SKARIGA, Akbar Muhammad S.Pd.
Dalam materinya, Akbar menyampaikan tentang bagaimana sekolah mengemas bahan ajar menjadi semakin menarik dan dinamis dengan power point yang disertai dengan animasi. Sebab, bahan ajar yang menarik, akan membuat siswa menjadi lebih bersemangat.
Akbar mengatakan, tuntutan guru saat ini adalah membuat media pembelajaran yang menarik. Dengan membuat pembelajaran menarik, suasana belajar di kelas juga semakin dinamis. Namun, Akbar melanjutkan, semakin banyaknya tugas guru,tak jarang guru yang tidak sempat memikirkan pembelajaran yang menarik.
“Membuat media pembelajaran melalui media ini, sederhana jika kita sudah tahu strategi dan cara-cara untuk membuatnya. Karena dengan media IT saya rasa tampilan dinamis yang menarik mudah didapat,” ungkap Akbar.
Akbar mengajarkan langkah-langkah membuat power point menarik dengan animasi. Setelah ia mengajarkannya, ia menekankan kepada guru yang hadir untuk segera mempraktikkannya ketika pembelajaran di kelas.
Akbar mengungkapkan, banyaknya guru yang masih belum sadar akan kebutuhan media pembelajaran yang menarik, dengan menerapkan metode ini, akan mempermudah mereka untuk bisa membuat media pembelajaran agar menarik.  Ia pun menunjukkan langkah-langkah membuat Power Point dengan animasi.
“Power Point memang media mengajar yang paling sederhana, jadi kita sebenarnya hanya tinggal mengembangkan yang sudah ada saja. Tidak perlu inovatif untuk menjadi kreatif. Tapi kreatif juga bisa dipraktikkan melalui pengembangan media,” ungkapnya.
Ia berharap melalui workshop ini, bisa menyadarkan guru akan pentingnya membuat media pembelajaran yang eye catching, seperti animasi. Media dari IT yang diimbuhi animasi, yang menurutnya adalah media sederhana namun tetap menarik.
Akbar mengatakan, keuntungan lain menggunakan media pembelajaran animasi adalah bagi kelas IX. ketika siswa bersemangat dalam belajar, itu berarti guru juga turut membantu siswa mempersiapkan bekal untuk lulus.
Workshop yang selama ini dilakukan oleh SKARIGA bukan hanya ditujukan oleh guru atau siswa saja, tapi juga lembaga, atau bahkan orang tua siswa “Sebelumnya, kami juga pernah melakukan workshop pelatihan hypnotherapy. Dan lain-lain,” kata Akbar.
Ia membeberkan, selain sedang menggencarkan CSR, SKARIGA saat ini juga tengah mempersiapkan PPDB tahap 2, yang akan dibuka pendaftarannya pada 2 Januari hingga 2 Februari 2018. (sin/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :