Pelajar Adu Kreatif Desain Rumah Tinggal


MALANG - Sebanyak 30 siswa SMK dari jurusan Teknik Gambar Bangunan beradu kreativitas dalam perencanaan desain bangunan rumah tinggal, Senin (18/12). Selama 6 jam mereka harus membuat desain rumah tinggal satu lantai dengan detail, mulai tampak samping, tengah, sampai gambar melintang. Lomba Gambar Teknik (LGT) kali pertama digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ITN Malang ini merupakan rangkaian kegiatan Education of Civil Engineering (ECIVE) 2017 yang mengusung tema ‘Kreatif dan inovatif dalam perencanaan rumah tinggal’.
Febri Setiawan Ketua Pelaksana mengatakan, lomba ini nantinya akan menjadi ajang tahunan bagi HMS ITN Malang mengingat antusiasme peserta yang tinggi meskipun baru kali pertama diadakan.
“Sebelumnya, HMS tiap tahun sudah mengadakan Lomba Kuat Tekan Beton tingkat nasional. Untuk itu tahun ini kami tambah dengan Lomba Gambar Teknik tingkat nasional juga,” terangnya.
Mahasiswa semester 5 Teknik Sipil ini menyebutkan ada tujuh kriteria penilaian yang harus diperhatikan oleh para peserta diantaranya, urutan gambar, keindahan, format dalam garis, kelayakan gambar, sampai gambar harus bisa direalisasikan.
“Peserta harus bisa mendesain gambar menggunakan AutoCad dan yakin gambar tersebut bisa direalisasikan. Jadi tidak hanya menggambar saja namun harus berpotensi bisa direalisasikan dalam bentuk bangunan,” ungkapnya.
Lomba Gambar Teknik yang juga diikuti oleh siswa SMK luar Malang seperti dari Bojonegoro, Kediri, Sidoharjo bahkan Madiun ini selain untuk mengenalkan dunia teknik sipil kepada siswa, juga bertujuan memberi ilmu dan wawasan.
“Kami ingin memberi motivasi, edukasi, sehingga kompetensi siswa meningkat, khususnya tentang perkembangan pembangunan,” tambahnya.
Dari hasil perlombaan, mahasiswa asli Malang ini mengungkapkan, kemampuan masing-masing tim berbeda-beda. Ini bisa dilihat dari hasil desainnya, biasanya pelajar yang pernah mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) hasil desainnya lebih bagus dan lebih detail.
“Nah, yang belum punya pengalaman hasil desainnya biasanya lebih sederhana dan simpel,” tandasnya. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :