Lantunan Burdah Mengalun Merdu, Nasyid Pukau Orang Tua


Malang Post, SEKOLAH Islam Sabilillah Malang (SISMA) memiliki agenda rutin tahunan bertajuk Pagelaran Orkestra Simfoni Khazanah Bangsa (SKB). Kegiatan ini digelar sebagai wadah unjuk bakat siswa bidang seni. Sebagai kegiatan rutin, acara digelar meriah setiap tahunnya.
Panggung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) disulap menjadi panggung pertunjukan orkestra, kemarin (19/12). Pertunjukan dimulai, ketika tirai dibuka dan aransemen music orchestra dilantunkan lagu-lagu religi. Panggung megah itu dipenuhi 345 siswa yang
memainkan alat music dan membentuk irama indah. Pertunjukan orkestra megah ini diadakan oleh Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah, Malang yang dikemas dengan tema Simfoni Khazanah Budaya. Kemeriahan acara makin terasa ketika tampilan demi tampilan disuguhkan. Ada orkestra, nasyid, paduan suara, puisi, dan tari-tarian. Yang cukup heboh ketika enam remaja melantunkan lagi nasyid acapela.
“Ini adalah penampilan perdana dari santri ma’had SMA Islam Sabilillah,” ujar MC disambut tepuk tangan meriah penonton.
Tak kalah memukau, sajian musik burdah dengan lagu salawat juga mengundang antusias pengunjung yang merupakan orang tua siswa. Setidaknya, siang kemarin, panggung graha Cakrawala meriah dengan lantunan lagu-lagu Islami dari siswa Sabilillah.
Tahun ini, hadir dua penyanyi remaja yang cukup populer di kancah nasional sebagai bintang tamu. Mereka adalah Sharla Martiza dari The Voice Kids Indonesia Session 2 Global TV, dan Lirasadika juara Social Media Sensation Trans TV. Kemegahan itu juga nampak dari antusias penonton yang  mencapai 5.000 orang, yang merupakan orang tua siswa. Acara ini juga dirangkai dengan pengambilan rapor.
Salah satu bintang tamu, Sharla Martiza, menyampaikan senang, sebab konser kali ini merupakan konser perdananya bersama Sabilillah Malang. Ia senang bisa bernyanyi dengan siswa-siswa berbakat dari Sabilillah. Menurutnya, siswa Sabilillah sangat hebat, sebab dengan jumlah siswa sebanyak itu, bisa kompak menyatukan irama selayaknya pemain orchestra profesional.
”Saya seneng banget bisa nyanyi di Malang bersama teman-teman orkestra Sabilillah. Saya nanti akan menyanyikan 2 lagu, Assalamualaika sama Ya Asyiqol Mustofa,” tuturnya ditemui sebelum tampil di panggung SKB 2017.
Sharla juga berpesan kepada teman-teman Sabilillah agar tidak patah semangat dan terus berusaha menunjukkan potensi yang terbaik. Sebab, pertunjukkan yang melibatkan para siswa itu, menurutnya sudah layak disebut sebagai pertunjukan orchestra berbakat.
Sementara, bintang tamu lainnya Lira sadika mengatakan, pada  konser keduanya di Sabilillah ini, menurutnya Sabilillah yang konsisten dalam membimbing siswanya. Ia senang melihat siswa Sabilillah tetap kompak dalam memainkan irama lantunan lagu, yang menurutnya itu tidak mudah.
”Alhamdulillah ini sudah kedua kalinya diundang. Masya Allah senang bisa kolaborasi sama adik-adik yang luar biasa bertalenta lagi. Kekompakannya tetap terjaga, entah dengan generasi sama atau berbeda,” ungkapnya.
Direktur LPI Sabilillah, Prof, Dr, Ibrahim, Bafadal M.Pd menyebutkan konsep konser kali ini mengadopsi pagelaran orkestra musisi papan atas. Yakni, panggung ditutup dengan tirai putih. Harapannya memang bisa menampilkan pertunjukkan menarik yang siap disuguhkan kepada orang tua siswa, ketika acara pengambilan rapor.
Menurut dia, momen penerimaan rapor di LPI Sabilillah kali ini digelar dengan konsep yang benar-benar berbeda dengan sekolah lain.  Pertunjukan seni budaya yang menampilkan talenta-talenta para siswa LPI Sabilillah, mulai TK hingga SMA. (sinta/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :