magista scarpe da calcio Rapor Rekam Jejak Siap Diberlakukan


Rapor Rekam Jejak Siap Diberlakukan


MALANG – Tahun depan, Dinas Pendidikan Kota Malang (Diknas) akan memerintahkan sekolah untuk membuat rapor rekam jejak anak. Rapor ini akan digunakan untuk menilai bakat dan minat siswa dalam bidang non akademik.
Kepala Disdik Dra Zubaidah, MM mengatakan, rapor ini dibuat dengan tujuan, bisa memberikan keterangan untuk siswa yang mungkin secara non akademik mereka mempunyai potensi.
“Bagi orang tua tidak perlu khawatir lagi, kalau anaknya belum berprestasi secara akademik. Sebab, dengan rapor ini, orang tua bisa mengetahui bakat lain dari anaknya,” kata zubaidah.
Dalam rapor ini juga, kata Zubaidah, akan diberikan penjelasan tentang keahlian siswa yang bisa dikembangkan. Harapannya, setelah anak berhasil menggali potensi, mereka bisa menguasai potensi dan bakat tersebut dan dikembangkan hingga ke jenjang perguruan tinggi.
Zubaidah mengungkapkan, ide ini muncul, karena banyaknya orang tua yang mengkhawatirkan anaknya ketika secara akademik tidak begitu pandai, tidak jarang pula orang tua yang terkadang menuntut anaknya untuk unggul dalam bidang akademik.
“Padahal tuntutan itu tidak baik. Jika anak merasa dituntut dan mereka merasa tertekan, tentu justru malah nilainya buruk di akademik,” kata Zubaidah.
Menurutnya, orang tua justru harus bisa menggali potensi dan mendukung apapun minat dan potensi yang dimiliki anaknya. Sebab, menurutnya, anak tidak bisa disamaratakan dan dipaksakan harus bisa menguasai seluruh bidang akademik.
Zubadiah mengatakan, saat ini konsep rapor masih dibuat. Ia juga meminta bantuan pakar pendidikan di Kota Malang untuk turut membantu pembuatan konsep ini. Untuk pelaksanaannya, ia menargetkan tahun depan. Sebelumnya ia akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terlebih dahulu. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang