Kalahkan UI, UB Juara Keterbukaan Informasi


 
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) meraih juara pertama dalam gelaran Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017 yang dinilai oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penghargaan ini diberikan di Istana Negara, Kamis (21/12).
UB berhasil lolos seleksi kelayakan PTN mengalahkan 369 PTN. Dari keseluruhan PTN, hanya 10 PTN yang lolos untuk dilakukan penilaian lanjutan sekaligus visitasi lapangan. Setelah visitasi lapangan, kemudian dilakukan pemeringkatan untuk menentukan kampus mana yang terbaik dalam hal pengelolaan informasi publik.
Wakil Rektor I bidang Akademik UB Prof Dr Ir Kusmartono yang hadir mewakili rektor untuk menerima penghargaan atas prestasi UB, mengatakan, sebagai kampus unggul UB memang harus terus memberikan informasi yang up to date kepada masyarakat. Bukan hanya masyrakat saja target UN, namun juga mahasiswa beserta civitas akademik lainnya. Informasi berbobot, serta bermanfaat selalu diberikan oleh UB.
“Status kami yang saat ini masih Badan Layanan Umum (BLU) harus bisa melayani masyakat dengan baik. Keterbukaan informasi, itu juga termasuk pelayanan,” kata Kusmartono. Ia ingin, UB terus konsisten mengelola konten informasi yang positif dan bermanfaat.
Menurut dia, prestasi ini menunjukkan komitmen UB untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam pelayanan dan pengelolaan informasi publik.
“Kami selalu berupaya menghasilkan informasi yang positif, website selalu kami isi dengan hal-hal yang sekiranya dibutuhkan masyarakat. Jadi kami harus tahu kebutuhan masyarakat, itu kuncinya, meski kami sempat turun peringkat tahun lalu, tahun ini kami membuktikan bahwa UB tetap berkomitmen kuat dalam hal pelayanan publik, terutama di bidang informasi publik,” ujarnya.
UB berhasil mengalahkan dua PTN ternama, seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).
“Yang pasti, terlepas dari kompetisi ini, kami selalu berupaya menghasilkan informasi-informasi yang memang sifatnya informatif, jadi kami siap dan tidak menyangka, apalagi UI dan Unpad, dua PTN yang tahun lalu berhasil meraih juara” pungkasnya. (sin/nda)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...