magista scarpe da calcio Pembatasan Mahasiswa PTN Angin Segar bagi PTS


Pembatasan Mahasiswa PTN Angin Segar bagi PTS

Ketua Umum Perguruan Tinggi Swata Indonesia (Aptisi) Regional VII Wilayah Jawa Timur Prof Suko Wiyono, MH, berharap agar PTN komitmen dalam hal pembatasan penerimaan mahasiswa. Menurut dia, pembatasan jumlah penerimaan mahasiswa ini dimaksudkan agar mutu perguruan tinggi semakin meningkat serta dapat fokus mempersiapkan mahasiswanya menghadapi persaingan global. Dengan demikian, perguruan tinggi swasta pun juga tak perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan jumlah mahasiswanya.
“Untuk kemajuan bersama antara PTN dan PTS, keduanya membutuhkan kemajuan kualitas mutu pendidikan tinggi. Kami (PTS) tentu juga ingin terus berkiprah dan berkarya, dalam menghasilkan output berkualitas,” kata Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang tersebut.
Ia juga meminta sinergitas PTS dan PTN untuk selalu melihat peluang dari setiap keterbatasan. “Sumberdaya kita terbatas, tapi harus bisa memanfaatkan peluang,” kata Suko. Ia ingin, peluang yang diciptakan PTN, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi PTS dalam menjaring mahasiswa.

Peluang tersebut, Suko melanjutkan, juga harus dibarengi dengan inovasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin melaju kencang saat ini harus disikapi dengan perubahan sistem dan regulasi yang cepat.

Perguruan tinggi, kata dia, harus tetap berkomitmen untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. “Kita semua harus melakukan jumping dalam pemanfaatan teknologi yang juga dibarengi dengan inovasi,” tegas Suko.
Dengan begitu, diharapkan sumber daya manusia (SDM) dan lulusan perguruan tinggi menjadi pribadi yang unggul dan cerdas. Sehingga, dapat membangun bangsa menjadi lebih baik dan maju.
Suko menargetkan, beberapa tahun ke depan, lulusan perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta bisa lebih kompetitif dan memiliki daya saing. Karenanya, dia pun mengatakan, perguruan tinggi harus tetap berkomitmen untuk terus berinovasi. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top