Indeks Pembangunan Manusia Terbaik di Jatim

 
MALANG - Kinerja Dinas Pendidikan Kota Malang (Disdik) mendapat apresiasi dari Provinsi Jawa Timur. Disdik Kota Malang berhasil meraih peringkat pertama dalam penghargaan kategori Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 
Kepala Disdik Kota Malang Dra Zubaidah,MM mengatakan, penghargaan ini cukup mengejutkan baginya. Sekaligus menjadi bukti bahwa upaya yang selama ini dilakukan membuahkan hasil. Zubaidah mengungkapkan, selama ini ia sudah melakukan upaya untuk terus meningkatkan pembangunan manusia. Menurut Zubaidah, meningkatkan kualitas pembangunan manusia dalam dunia pendidikan tidaklah mudah.
Ia harus mengubah mindset masyarakat, mulai dari memberikan pemahaman tentang berbagai macam pola pendidikan yang harus diikuti untuk kualitas pendidikan yang lebih baik lagi.
"Misalnya PPK, untuk mewujudkannya tentu saja saya harus menggenjot para guru, kepala sekolah, dan siswa. Mulai memberi motivasi hingga lain sebagainya," ungkap Zubaidah.
Sejak Awal tahun, Zubaidah mengungkapkan, ia selalu menekan sekolah untuk melakukan upaya-upaya mendukung PPK yang dicanangkan pemerintah. Setelah dievaluasi, penerapan PPK di sekolah Kota Malang sudah baik. Hampir 100 persen. Menurutnya, itu merupakan indikator pembangunan manusia.
Zubaidah juga mengungkapkan, pembangunan manusia juga diwujudkan melalui peningkatan sarana dan prasarana. Ia sudah melakukan penambahan sarana dan prasarana secara berkala.
"Kenyamanan siswa di sekolah tidak lepas dari hal itu. Demikian juga dari segi pembelajaran harus didukung sarana dan prasarana," bebernya.
Pemenuhan sarana prasarana yang sudah dilakukan adalah dengan pembagian bangku sekolah serta bus sekolah. Zubaidah berharap, ditahun 2018 nanti, bisa tetap mempertahankan peringkat IPM yang sudah diraih. Untuk indikator lainnya ia masih mengevaluasi, mana yang harus diperbaiki, mana yang belum. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...