Semangat Unggul, Inovasi dan Prestasi

 
MALANG - Universitas Negeri Malang (UM) menutup tahun 2017 dengan refleksi dan zikir di Masjid Al-Hikmah UM. Agenda rutin tahunan ini mengusung tema “Tahun baru 2018 momentum untuk meningkatkan keunggulan inovasi dan prestasi”.  Refleksi dan Zikir Akhir Tahun kali ini dipimpin K.H Zain Baik, Pengasuh Ponpes Rehabilitasi Mental Az-Zainy. 
Wakil Rektor III UM Dr. Samsul Hadi, M.Pd yang hadir mewakil Rektor UM Prof. Dr. AH Roffiuddin menegaskan, refleksi akhir tahun kali ini meliputi tiga aspek, yakni refleksi spiritual, refleksi sosial,dan refleksi profesional. Samsul mengatakan, ketiga aspek tersebut, harus terus dimiliki dan ditingkatkan pada 2018 mendatang.
“Refleksi itu mengevaluasi dan mawas diri apa yang dilakukan, kekurangan kita ,apa yang sudah dicapai apa. Di akhir tahun ini, kita akan memberikan apa untuk masyarakat, khususnya dalam prestasi dan inovasi,” ungkap Samsul.  
Menurutnya seluruh civitas akademika UM harus terus berupaya memiliki tiga aspek tersebut sebagai pedoman untuk refleksi inovasi dan prestasi tahun 2018. Samsul menguraikan, prestasi UM dalam bidang spiritual yang perlu terus ditingkatkan, adalah prestasi mahasiswa tingkat nasional, yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional Mahasiswa Nasional (MTQMN).
Untuk kali ketiga, UM menjuarai MTQMN pada tahun ini. Prestasi tersebut menunjukkan adanya rasa spiritual keluarga besar UM. Tentu saja, lanjut dia, kemenangan MTQMN bukan hanya peran mahasiswa saja, tapi juga beberapa dosen yang membimbing hingga mereka meraih juara umum.
“Tentu saja, bukan hanya mahasiswa saja, tapi juga dosen dan kemahasiswaan. Ini prestasi membanggakan bagi kemahasiswaan,” ungkap dia.
Dalam bidang akademik, UM terus aktif melakukan pengabdian masyarakat. Hibah-hibah pun juga selalu didapatkan secara intens. 
“Itu menunjukkan prestasi kami untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya. 
Selain pengabdian masyarakat, inovasi hasil penelitian, juga banyak menuai hasil, menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Refleksi profesional, Samsul membeberkan, sebagai lembaga pemerintah, UM akan meningkatkan pelayanan public untuk menunjukkan profesionalisme.
Ia mengungkapkan, untuk prestasi yang telah diraih oleh UM dalam bidang profesional, adalah  sebagai perguruan tinggi yang meningkat capaiannya. UM berhasil meraih peringkat ke IV kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2017.
Sebelumnya pada tahun 2016 UM menduduki peringkat ke VII,berkat kerja keras semua pihak dan dukungan penuh dari pimpinan,UM berhasil naik tiga tingkat diatasnya menyisihkan Unpad,UGM, dan Unlam. UM berhasil bertengger diperingkat IV dengan nilai 78,25. Wakil Presiden RI Bapak Jusuf Kalla memberikan langsung penganugerahan KIP. (sin/adv/oci)

Berita Lainnya :