Salat Dhuha Awali Hari Pertama Sekolah


MALANG - Jarum jam menunjukkan angka 06.00 WIB. Para siswa SDN Pandanwangi 1 Kota Malang terlihat tertib memasuki musala sekolah. Selanjutnya, mereka menunaikan ibadah salat dhuha berjamaah. Usai salat dhuha, kegiatan dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum) yang dibawakan oleh salah satu siswa.
Begitulah suasana hari pertama sekolah yang terlihat di SDN Pandanwangi 1, kemarin. Setelah libur panjang dua pekan, siswa kembali diingatkan untuk melaksanakan salat sunnah dan praktik kultum. Kegiatan tersebut menjadi salah satu program penguatan karakter di SDN Pandanwangi 1 Kota Malang.
Kepala SDN Pandanwangi 1Agus Sriwulan M.Pd mengatakan, proses belajar mengajar usai libur sekolah di sana berjalan sama seperti hari-hari biasanya.
“Proses belajar mengajar masih tetap, namun yang menjadi pembeda adalah penguatan karakter pada anak-anak yang diterapkan dengan salat dhuha berjamaah sebelum memulai kegiatan belajar,” ujar Agus Sriwulan kepada Malang Post.
Ia juga berharap dengan rutinitas yang dijalankan setiap pukul 06.00 WIB membuat muridnya menjadi disiplin. Tak hanya itu, usai salat dhuha, siswa secara bergantian satu persatu memberikan kultum di depan teman-temannya.
“Melalui kultum tersebut, kita ingin siswa-siswi mempunyai rasa kepercayaan diri di depan umum untuk bekal ke depannya. Selain percaya diri, hal itu kita harap bisa mengasah kecerdasaan anak-anak dalam membawakan tema yang akan menjadi bahasan ceramahnya,” terangnya.
Sementara itu, Guru pendidikan Agama Islam (PAI) SDN Pandanwangi 01, Achmad Fauzan S.Pd.I menambahkan, permulaan dalam proses belajar usai libur panjang dengan salat berjamaah tidak akan berhenti pada salat dhuha saja. Tetapi berkelanjutan dengan salat dzuhur berjamaah.
“Dengan pembiasaan itu, kita ingin pembangunan karakter berbasis religius dan rasa gotong royong dari salat berjamaah bisa membudaya. Sehingga pengaplikasiannya tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di luar sekolah,” beber Fauzan.
Ia mengungkapkan dengan adanya program penguatan karakter melalui salat berjamaah ini secara tidak langsung, kegiatan sekolah akan dimulai lebih awal pukul 06.00 WIB. Sehingga tidak akan menggangu jam pelajaran.
“Begitu selesai melakukan salat berjamaah, anak-anak juga diwajibkan membaca tiga doa sebelum memulai pelajaran. Seperti doa masuk masjid, doa keluar rumah, doa masuk kamar mandi yang berkaitan dengan doa sehari-hari,” pungkasnya. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...