magista scarpe da calcio Pilih Siswa Andalan, Bantu Teman yang Kesulitan Belajar


Pilih Siswa Andalan, Bantu Teman yang Kesulitan Belajar


BELAJAR dengan sistem tutor sebaya menjadi salah satu andalan di SMAN 7 Malang. Sekolah memilih para siswa andalan yang unggul di bidang tertentu, mereka dipercaya untuk mengajari temannya. Seperti apa pelaksanananya di sekolah?
Belajar kelompok bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Biasanya belajar kelompok dilaksanakan di rumah sepulang sekolah. Berbeda dengan tutor sebaya yang diterapkan di SMAN 7. Dimana siswa belajar berkelompok di sela kegiatan sekolah. Dalam satu kelompok telah dipilih beberapa siswa terbaik pada bidang studi tertentu. Siswa pilihan inilah yang kemudian akan membimbing temannya. Di SMAN 7, pelajaran matematika dan kimia sementara ini dipilih dalam program tutor sebaya di SMAN 7 Malang. Seperti diketahui, dua mapel ini memang banyak dianggap sulit bagi siswa. Bahkan, ada yang menyebut pelajaran tersebut adalah momok.
 “Program tutor sebaya ini juga menjadi andalan, karena dengan belajar dengan teman sebaya, siswa tidak akan canggung atau rasa takut untuk bertanya. Karena tidak semua siswa punya rasa kepercayaan diri untuk bertanya kepada guru,” ujar Kepala SMAN 7 Abdul Tedy Rahman kepada Malang Post.
Dalam penerapan program tutor, lanjutnya, guru pengajar akan memilih beberapa siswa yang dianggap memiliki kemampuan lebih dalam dua mata pelajaran, matematika dan kimia. Para tutor yang terdiri dari siswa- siswa pilihan tersebut sebelumnya juga diberi penguatan agar lebih mantap dalam membimbing teman-temannya. Kemudian, masing-masing siswa pilihan akan tergabung dengan beberapa teman yang menjadi anggota bimbingannya.
Biasanya, agar suasana belajar lebih santai, siswa memilih tempat belajar favorit mereka di sekolah. Seperti di kantin, gazebo, taman dan sebagainya.
Dengan adanya program ini, diharapkan siswa pilihan dapat membantu meningkatkan kemampuan teman-temannya  dalam mapel tersebut. Selain itu, dengan adanya proses berbagi ilmu, berbagi ide, dan berbagi pengalaman antar sesama teman, diharapkan siswa-siswa merasa semakin nyaman belajar.
“Harapannya dengan program tutor sebaya ini siswa pilihan bisa membantu meningkatkan kemampuan teman-temannya,” tegasnya.
Program andalan lainnya adalah memersiapkan mental guru melalui peningkatan background pendidikan. Sehingga, pihaknya berupaya untuk terus mengarahkan para tenaga pendidik untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang S2.
“Background pendidik memang sangat memengarui cara mengajar guru, kita terus berusaha untuk mengajak mereka melanjutkan pendidikan lebih tinggi dan melakukan penelitian di lingkup sekolah untuk melihat permasalahan dan menemukan jawabannya,” terangnya.
Tidak hanya faktor pendidikan sebagai pendukung, tetapi pihaknya juga memberikan tunjangan profesi pendidik (TPP) agar mereka semakin bersemangat dan berkualitas dalam menjalankan tugasnya mencerdaskan generasi bangsa. Alumnus Unair ini mengungkapkan, saat ini ada sekitar 20 guru SMAN 7 Malang yang telah mengantongi ijazah S2 dari total 104 tenaga pendidik dan kependidikan. Hal itu sangat mendukung kualitas mutu pengajar dan memotivasi guru lainnya untuk melanjutkan pendidikannya.
 “Setidaknya dengan dua program itu semuanya akan merasakan manfaat yang didapat, sehingga kualitas ilmu, munculnya ide baru hingga berbagi ide, dan berbagi pengalaman antar sesama teman bisa meningkatkan kualitas dan prestasi mereka,” pungkasnya.
Selain itu, program yang telah dilaksanakannya terfokus pada siswa klas XII dalam menghadapi ujian nasional.
“Sekolah sebagai tempat menimba ilmu, tidak hanya akademis tetapi kehidupan, hadir pula tenaga pendidik dan siswa dengan berbagai macam pola pikirnya. Hal itu yang menjadi dasar untuk menerapkan program agar tepat sasaran,” ujar Tedy kepada Malang Post.
Dengan adanya kedua program tersebut, seluruh guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya melalui pendidikan dan karya ilmiah dengan cakupan penelitan ruang lingkup sekolah. (kerisdiyanto/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top