Unmer Targetkan 21 Prodi Akreditasi A

 
MALANG - Mayoritas program studi (prodi) Unmer Malang berstatus akreditasi B. Dari 28 prodi, sebanyak 21 menyandang akreditasi B. Sementara hanya lima yang berstatus akreditasi A dan dua berstatus akreditasi C.
Rektor Universitas Merdeka (Unmer) Malang Prof Dr Anwar Sanusi S.E M.Si menuturkan, minimnya riset dan prestasi mahasiswa menjadi salah satu kendala pemenuhan status akreditasi A. Untuk itu, Unmer saat ini gencar mendorong dosen dan mahasiswanya agar aktif dalam membuat karya ilmiah dan meraih berbagai prestasi.
“Untuk Akreditasi C dan B kita akan targerkan tahun 2018 ini bisa naik. Tentunya dengan beberapa persyaratan seperti banyaknya hasil karya ilmiah yang dipublikasikan oleh para dosen, fasilitas, kerja sama internasional dan prestasi-prestasi mahasiswa yang perlu kita dorong dan dipersiapkan,” ujar Anwar kepada Malang Post.
Dia menjelaskan lebih lanjut, jika kualitas SDM baik dosen dan masiswanya sudah sangat baik. Namun ia mengakui jika yang menjadi kendala adalah kurangnya riset dosen dan prestasi mahasiswanya yang perlu ditingkatkan.“Kalau dari sisi proses belajar mengajar sudah bagus.Namun untuk karya ilimiah memang masih minim. Sehingga kita berupaya untuk mendorong pelatihan menulis jurnal dengan cara dosen senior yang aktif menulis menggaet dosen junior,” bebernya.
Dengan cara tersebut, dikatakannya, para dosen muda akan belajar dan namanya juga akan masuk dalam karya ilmiah dalam jurnal internasional. Karena yang menjadi salah satu penilaian adalah publikasi jurnal internasional terindeks Scopus. Yang bisa lolos dalam jurnal publikasi internasional biasanya adalah dosen lulusan luar negeri.
Hal itu memang menjadi kendala baginya, karena di Universitas Merdeka Malang masih memiliki sekitar 15 dosen lulusan luar negeri. Sedang untuk dosen yang bergelar doctor sebanyak 80 orang, 17 guru besar dan yang sedang proses menyelesaikan S3 ada 40 orang dari total 314 dosen yang dimiliki. 
Melihat permasalahan tersebut, pihaknya sudah memproyeksikan beberapa prodi untuk bisa mendapat akreditasi A dari lima yang telah meraihnya. Sementara untuk institusi, Unmer Malang masih meraih Akreditasi B. Anwar berharap, pada pengajuan berikutnya di tahun 2020 bisa meraih Akreditasi A. 
“Untuk meraih akreditasi A pada institusi tentu berhubungan dengan akreditasi prodi. Hal itu yang akan kami sinkronkan ke depan,” pungkasnya. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :