Jalur PPA SMK PGRI 3 MALANG, Enam Hari Ratusan Pendaftar


MALANG - Sejak 2 Januari lalu, SMK PGRI 3 Malang sudah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran baru 2018/2019. Jalur awal yang dibuka adalah Penelusuran Potensi Akademik (PPA), pendaftarannya dibuka hingga 2 Februari mendatang. Enam hari berjalan, sudah ada ratusan siswa yang telah mendaftar di Skariga.
Humas SMK PGRI 3 Malang Riyandi Agung Saputro S.Pd mengatakan jika pihaknya sangat senang dengan banjirnya pendaftar dalam enam hari ini. “Ratusan siswa yang mendaftar tersebut tenntunya adalah siswa-siswi yang memiliki prestasi akademis dan non akademis. Hal itu membuktikan Skariga merupakan sekolah vokasi yang bisa mencetak lulusan yang siap kerja. Sehingga banyak peminat yang sudah mendaftar,” ujar Riyandi Agung kepada Malang Post.
Dikatakan Riyan, untuk jalur PPA memang dikhususkan bagi siswa yang memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) SMP 70 ke atas. Sehingga jika siswa yang mendaftar dengan sayarat tersebut pihak sekolah juga akan memberikan  keringanan pembayaran atau cash back.
“Bagi yang memiliki rata-rata 70-79 kita akan kasih cash back. Jika nilai rata-rata UN diatas 80 malah akan mendapat lebih,” terangnya.
Selain nilai rata-rata, sekolah vokasi yang memiliki 17 program keahlian tersebut juga menerima siswa baru yang memiliki sertifikat non akademik dari prestasi yang didapatnya. Dengan syarat prestasi minimal tingkat kota/kabupaten, provinsi dan nasional.
“Untuk para pendaftar kami juga tidak membatasi kuota, namun nanti ada seleksi tersendiri,” ungkapnya.
Ia menerangkan lebih lanjut, jika saat ada sebanyak 2.512 siswa yang tercatat untuk semua tingkatan kelas. Mulai dari klas X sebanyak 814 siswa, kelas XI sebanyak 874 siswa dan kelas XII ada 824 siswa dari semua program keahlian yang ada.
Sementara itu, untuk program keahlian yang paling banyak diminati adalah otomotif yang meliputi sepeda motor, mobil dan body.
“Kebanyakan anak-anak yang masuk jurusan otomotif, karena mereka sejalan dengan hobinya. Sehinga di jurusan tersebut mereka bisa menyalurkan dan mengembangkan bakat. Apalagi saat ini industri di bidang otomotif juga membutuhkan tenaga mekanik. Itu merupakan peluang besar untuk mencari kerja setelah lulus,” beber Ryandi.
Tak hanya otomotif, bidang computer jaringaan dan animasi juga menjadi jurusan favorit, karena diungkapnya, prospek perkembangan teknologi yang selalu berkembang telah menjadi tren saat ini. Hal itu merupakan peluang bagi mereka yang ingin terjun dalam multimedia dan animasi. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...