Kepala SMKN 11 Malang , Perakit Mobil Nasional SMK


Malang Post, SEJUMLAH inovasi lahir dari tangan Kepala SMKN 11 Malang Drs. Gunawan Dwiyono S.ST M.Pd. karena ketekunan dan keuletannya dalam memegang prinsip, sejumlah inovasi terlahir. Antara lain merakit mobil nasional Foday Esemka, merakit mobil nasional Esemka Rajawali, merakit mobil nasional Esemka Easter Rosa Esemka dan membuat inovasi bahan bakar gas elpiji pada motor Kanzen.
“Apa yang saya kerjakan merupakan ketertarikan saya terhadap ilmu pengetahuan dan dunia otomotif. Sehingga mendorong saya untuk berkarya lebih dan berinovasi dari hari keharinya,” terangnya.
Tak hanya itu, berbagai karya lainnya juga dibuatnya, membuat mobil listrik Gotrik, kincir air pembangkit listrik serta mengelola instalasi air bendungan sederhana.
Dari berbagai inovasi dan penghargaan yang diperolehnya itu, dikatakannya adalah berkat dukungan moril dari keluarga. Selain itu, faktor dari lingkungan keluarga juga membentuknya menjadi seorang sosok pemimpin yang bisa mengayomi. “Keluarga dan orangtua adalah inspirasi saya, sehingga bisa seperti saat ini. Ini semua berkat nilai-nilai luhur yang ditanamkan kedua orangtua yang saya jadikan langkah untuk berpikir dan bertindak,” tegasnya.
Berkat ketekunannya itu pula, penghargaan sebagai kepala sekolah terhebat 2016 berhasil diraih. Tentu apa yang yang didapatnya tidak lepas dari berbagai inovasi yang dilahirkan.
Diceritakan laki-laki yang akrab dipanggil Gunawan ini, bahwa untuk meraih keberhasilan harus ada prinsip yang dipegang.
“Ada enam prinsip yang saya pegang dalam menjalani hidup yang diantaranya, prinsip selalu belajar, memperbarui diri, selalu berkarya, menjadi pemimpin yang bisa dicontoh, hidup selalu yang selalu berorientasi ke dapan dan memberi manfaat ke banyak orang,” ujar Gunawan saat ditemui Malang Post.
Menurutnya, dari enam prinsip yang telah ia praktikan dalam pengabdiannya sebagai kepala sekolah hingga kehidupan sehari-hari juga tidak lepas dengan mengharap dan berdoa kepada sang pencipta. Sehingga semua proses yang dilaluinya akan berjalan dengan baik. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :