Lima Prodi Unikama Favorit Pendaftar


MALANG – Menyambut tahun ajaran 2018/2019, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terus melakukan berbagai upaya untuk menarik minat calon mahasiswa di seluruh program studi yang ditawarkan. Dari total tujuh fakultas yang terdiri dari 21 prodi, pada tahun 2017 lalu ada sebanyak lima prodi yang paling dimintai diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen, Akuntansi, Pascasarjana PIPS dan Pendidikan Guru PAUD.
Kepala Humas Unikama Ali Ismail, M.Pd menjelaskan bahwa sejak bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI hingga awal Unikama berdiri, prodi Pendidikan Bahasa Inggris menjadi yang paling diminati. Namun karena mengalami perubahan tren, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Sains & Teknologi serta Fakultas Ilmu Pendidikan mengalami kenaikan.
“Peningkatan jumlah mahasiswa atau adanya beberapa fakultas yang menjadi pilihan juga dikarena adanya restrukturisasi. Sehingga semakin banyak mahasiswa untuk memilih. Tetapi prodi tersebut masih tetap dengan latar belakang ilmu keguruan dan sesuai dengan fungsi semula,” ujar Ismail kepada Malang Post.
Dari beberapa prodi yang saat ini menjadi tren tersebut, dilihatnya dari jumlah mahasiswa yang baru yang mendaftar pada tahun 2017. Dengan jumlah mahasiswa terbanyak masih pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 274 mahasiswa, Manajemen (Ekonomi) sebanyak 248, Akuntansi sejumlah 148, Pascasarjana PIPS dengan 127 dan Pendidikan Guru PAUD sebanyak 111 mahasiswa.
Ia menerangkan, dari empat prodi dan satu program pascasarjana tersebut menjadi pilihan dikarenakan prospek dan peluang lapangan kerja yang saat ini terbuka lebar. Ia juga mengungkapkan, jika saat ini belum ada satupun prodi di universitasnya yang menyandang status akreditasi A.
“Hingga saat ini semua prodi masih terakreditasi B, kami akan terus berproses untuk meraih akreditasi yang lebih baik dengan cara terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas SDM serta fasilitasnya," bebernya.
Meski begitu, Unikama pada pendaftaran mahasiswa baru tahun 2017 cukup mempunyai banyak peminat dengan jumlah mahasiswa barunya mencapai 1.771 orang.
Diuraikan oleh Ismail, dari 21 prodi yang ada di Unikama, sebanyak 17 yang telah terakreditasi B. Sedang untuk sisanya yang masih menyandang akreditasi C adalah teknik informatika dan pendidikan guru anak usia dini. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :