magista scarpe da calcio Gandeng Industri, Jurusan TKJ Sharing Knowledge dengan PT Telkom


Gandeng Industri, Jurusan TKJ Sharing Knowledge dengan PT Telkom


Malang Post, Kerja sama dengan industri menjadi tugas SMK melalui program revitalisasi. Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKN 5 Malang baru-baru ini melakukan kerja sama sharing knowledge dengan salah satu anak perusahaan PT Telkom Indonesia. Guru dan siswa bersemangat memelajari teknologi fiber optik yang dikembangkan perusahaan tersebut.
Teknologi fiber optik sudah dikenalkan di SMKN 5 Malang. Siswa TKJ telah mendapatkan teori maupun praktiknya di kelas. Tetapi, hal itu tentu saja belum cukup. Masih ada banyak pengetahuan di lapangan belum diketahui siswa, karena keterbatasan alat yang dimiliki sekolah. Karena itulah, sharing knowledge ini dilaksanakan. Dengan adanya sharing knowlage tersebut, guru dan siswa yang terpilih akan melakukan training selama dua minggu agar mendapat pengetahuan yang belum didapat dari sekolah.
“Hal ini merupakan kerja sama yang baik bagi sekolah dan perusahaan atau industri tersebut. Karena para siswa bisa secara langsung belajar tentang peralatan indutri yang sangat maju dan saat lulus mereka siap dengan dunia kerja industri,” tegas Waka Humas SMKN 5 Kota Malang, Wahyu Andreas S.Kom, M.Pd.
Ia mengatakan, kerja sama berupa sharing knowledge merupakan upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk menyediakan bandwidth sebagai support internet yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah mencetak lulusan siap kerja di bidang industri.
“Untuk sharing knowledge, dari sekolah mengirimkan guru dan siswa untuk magang di anak perusahaan PT. Telkom Indonesia, yaitu Indonesia Connets Plus. Di mana mereka yang berangkat untuk magang memelajari teknologi fiber optik dan manajemen perusahaan mulai dari rekruitmen, karyawan hingga ke pamasaran,” ujar Andreas kepada Malang Post.
Sementara itu, salah satu guru yang juga ketua jurusan TKJ Ari Subagiyo, S.Kom menceritakan, pengalaman saat mengikuti sharing knowledge selama dua minggu sangat bermanfaat. Diungkapnya, sekolah harus mengikuti perkembangan industry karena ada banyak yang harus dikejar. Sehingga dengan kerja sama tersebut sekolah akan tahu kebutuhan sumber daya manusia di industri.
SMKN 5 Malang adalah salah satu sekolah revitalisasi dari total 125 sekolah se Indonesia. Untuk Kota Malang, hanya tiga yang menjadi pilot project revitalisasi tersebut. Dengan demikian pihaknya akan melakukan pengembangan dan penyelarasan kurikulum, inovasi pembelajaran, standarisasi sarana dan prasarana utama, kerja sama sekolah dengan DU/DI serta perguruan tinggi, pengelolaan dan penataan kelembagaan serta pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga pendidik. (kerisidanto/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang