Universitas Widyagama Bersiap Jadi Universitas Digital


MALANG - Universitas Widyagama Malang (UWG) tengah melakukan berbagai upaya dalam persaingan di era goblaisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satunya pencapaian yang segera direalisasikan pada tahun 2020, UWG akan mulai mengembangkan Universitas Digital dengan target pencapaiannya pada tahun 2015.
Wakil Rektor I Universitas Widyagama Malang Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS mengatakan, universitas digital merupakan konsep yang tengah ditata sebagai tantangan zaman.
“Kami ke depan ingin antisipasi bahwa kampus tidak harus besar dengan bangunan fisiknya, tetapi sebuah kampus memiliki sistem pembelajaran yang bisa diakses oleh masyarakat nasional dan internasional. Sehingga konsep Universitas Digital menjadi salah satu jawaban tersebut,” ujar Sukamto kepada Malang Post, Selasa (9/1).
Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa konsep Universitas Digital akan mempermudah mahasiswa dalam menyediakan kelompok-kelompok belajar yang tidak terpusat di Kota Malang saja, namun di berbagai kota besar lainnya hingga luar negeri. Dengan sistem pembelajaran secara online, tersistem dan terstandarisasi.
Kemudian, lanjut dia, untuk mendukung Universitas Digital tersebut, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana seperti laboratorium tujuh lantai yang difungsikan untuk laboratorium terpadu untuk seluruh program studi. “Pembangunan gedung tersebut sebagai pendukung dari Universitas Digital untuk tempat penelitian dan praktikum serta pegembangan teknologi. Sehingga sarana yang kita siapkan mulai sekarang seperti pendukung laboratorium terus kita kembangkan. Nanum secara fisik sudah kita stop pembangunan gedung di tahun 2020,” terangnya.
Dengan konsep tersebut, merupakan tujuan dan komitmen yang dilakukan oleh Universitas Widyagama terhadap peningkatan mutu kampus dan dosen dan mahasiswanya. Ia menerangkan jika pada tahun 2017 pihaknya telah melakukan pembangunan laboratorium terpadu setinggi tujuh lantai di kampus III. Selain itu pihaknya juga akan segera melakukan pembangunan di kampus II dari tiga lantai menjadi tujuh lantai pada awal bulan Februari depan.
“Pembangunan saat ini kita lakukan karena sudah over capacity. Tak hanya bangunan fisik yang kita lakukan dan selesaikan sampai 2020 sebelum berganti ke Universitas Digital. Fasilitas pendukung seperti sistem pembelajaran yang memenuhi standar nasional dan dilengkapi dengan sistem administrasi manajemen (SIM akademik) telah kita terapkan,” beber Sukamto.
Saat ini Universitas Widyagama memiliki 15 prodi dengan empat Fakultas, dua prodi pendidikan vokasi dan dua program pasca sarjana. Di mana akreditasi yang telah diraih seluruh prodi hampir seluruhnya B, dengan satu akreditasi A untuk prodi Akuntansi. Sementara untuk jurusan yang memiliki banyak peminat adalah Fakultas Ekonomi. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :