100 Proktor Dilatih Jelang UNBK


MALANG - Tim Help Desk Kota Malang menggelar pelatihan bagi 100 proktor Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/Madrasah, kemarin. Pelatihan ini digelar untuk menghindari adanya gagal jaringan pada server ujian.
Koordinator Help Desk Kota Malang Nurul Firdausi menjelaskan, sosialisasi tersebut merupakan evaluasi dari ujian yang berlangsung tahun lalu, dimana banyak mengalami gagalnya jaringan karena tidak sinkron.
“Dari evaluasi tahun lalu, kami tidak ingin ujian berbasis computer tahun ini mengalami kegagalan yang sama. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi bagi calon proktor,” ujar Nurul Firdausi kepada Malang Post.
Ia mengatakan lebih lanjut, sosialisasi yang dilakukan dikarenakan sudah banyaknya sekolah yang menjalankan ujian dengan mandiri. Khsusnya untuk sekolah SMP negeri dan swasta di Kota Malang. Sedang untuk Madrasah masih ada beberapa yang menumpang.
Hal tersebut ditambahkan oleh Pendidikan Madrasah, Kemenang Kota Malang M. Nur Hidayah jika sosialisasi tersebut sangat penting. Karena diungkapnya untuk tingkat MTS yang terdiri dari 32 lembaga masih ada tujuh yang menumpang. “Untuk itu, tidak hanya bagi proktor yang ada di SMP negeri dan swasta, tetapi bulan Februari juga akan dilakukan sosialisasi di madrasah,” terangnya.
Pada sosialisasi yang diikuti oleh 100 peserta tersebut, para proktor diberi wawasan meteri mengenai CBT Sync dan trouble shoting, manajemen web UBK dan setting virtual box. Dalam pelaksanaannya nanti setiap satu server untuk 40 peserta ujian dengan satu server dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 20 siswa. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...