Predikat Terbaik Jadi Surprise untuk Orang Tua

 
MALANG - Yulia Nurul Aini, S.Ap sebelumnya tidak pernah menyangka akan menjadi lulusan terbaik di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dalam Wisuda Periode XII Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Brawijaya. Dengan IPK 3.78 dan masa studi tiga tahun tujuh bulan, Yulia merasa masih banyak mahasiswa lain yang lebih unggul darinya. Tidak menunda pekerjaan dan semangat belajar untuk kebaikannya sendiri, hal itulah yang mendorong semangatnya untuk terus berprestasi. 
”Sejak SD saat orang tua menyuruh belajar, saya akan belajar. Kemudian saya sadar kalau belajar untuk kebaikan saya sendiri. Kalau ada tugas, langsung dikerjakan saat itu juga, karena kualitas hasil pekerjaan saat sedang santai dan terburu akan berbeda,” terangnya.
Dengan mengerjakan jauh hari sebelum deadline, Yulia mengaku dapat membuat kerangka tugasnya lebih dulu dan disusul dengan isi tugas. Mendekati waktu pengumpulan, disempatkan untuk mengecek kembali pekerjaanya. Satu minggu sebelum ujian, Yulia menyiapkan materi pelajaran yang dirasa paling sulit, sehingga menjelang ujian, dia hanya akan sibuk menghapal materi yang sudah siap.
”Saya sudah terbiasa sejak TK dan SD menghapalkan ayat-ayat Alquran. Kuncinya tidak boleh grogi, soalnya bisa blank dan hilang hafalannya. Yang penting selalu tenang, jangan ngoyo, terima saja setiap hasil kerja kerasnya,” imbuhnya. 
Yulia mengaku proses pengerjaan skripsi merupakan saat yang paling berat. Namun, dirinya merasa senang berada di bawah bimbingan dosen Prof. Soesilo Zauhar, MS dan Dr. Alfi Haris Wanto, M.AP, MMG.
”Beliau berdua baik sekali, dengan selalu memberikan saya masukan dan motivasi dalam pengerjaan skripsi. Beruntung sekali saya bisa mendapatkan kesempatan dibimbing oleh beliau,” terangnya.
Selama masa kuliah, Yulia mengatakan mendapat banyak ilmu untuk mengembangkan softskill maupun hardskill. Ditambah, lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
Sebenarnya, Yulia berencana untuk melanjutkan pendidikan S2. Namun sayangnya, jadwal tes berbenturan dengan waktu wisuda hari ini, dan tes periode selanjutnya baru akan terlaksana di bulan September mendatang. Atas prestasinya ini, Yulia mengaku belum memberitahu orang tuanya dan membiarkan mereka mendapat kejutan saat namanya diumumkan dan maju ke panggung sebagai lulusan terbaik, pagi ini.
Dalam wisuda Periode XII ini, FIA UB melepaskan 110 lulusannya dengan predikat Dengan Pujian sebanyak 9 orang. Dengan rincian Ilmu Administrasi Publik 42 orang dan Predikat Dengan Pujian 6 orang Sangat Memuaskan 36, Ilmu Administrasi Bisnis 42 orang Dengan Pujian 1 orang Sangat memuaskan 41 orang, Perpajakan 14 orang Dengan Pujian 1 orang Sangat memuaskan 13 orang. S2 Ilmu Adiministrasi Publik 3 orang Dengan pujian 1 orang, Sangat memuaskan 2 orang. Ilmu Administrasi Bisnis 3 orang Sangat memuaskan 3 orang. Doktor Ilmu Administrasi 1 orang, predikat Sangat memuaskan 1 orang. 
Sementara Jurusan Administrasi Publik baru-baru ini mendapatkan akreditasi University Network Quality Assurance, yang membuktikan bahwa kualitas layanan pendidikan di program Administrasi Publik telah memenuhi standart Internasional tingkat ASEAN. (mg19/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :