Bersama Alumni Beri Kontribusi Reformasi Penegakan Hukum

 
MALANG - Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH-UB) menggelar sejumlah rangkaian acara dalam rangka dies natalis ke 60.  Kegiatan yang melibatkan alumni itu mengusung tema, ‘Reformasi Birokrasi dan Penegakan Hukum’. Rangkaian kegiatan dies natalis dimulai dengan konferensi serta seminar yang membahas tentang reformasi serta penegakan hukum di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi alumni dan akademisi FH UB lalu  acara temu alumni, dan ditutup dengan jalan sehat Minggu (16/7) hari ini. 
Dekan FH UB, Dr. Rachmad Syafa'at, SH., M.Si mengatakan, acara dies natalis  kali ini melibatkan alumni mulai angkatan 1973-2003. Peran alumni sesuai dengan tema, yakni memberikan kontribusi dalam reformasi dan penegakan hukum.
“Mereka (alumni) kami ajak untuk turut melakukan reformasi dan penegakan hukum bersama FH UB. Melalui FH UB, kami akan memberikan sumbangsih untuk penegakan hukum di Indonesia,” ungkap Rachmad Syafa'at yang juga Sekjen Badan Kerjasama Dekan FH Seluruh Indonesia itu.
Ia mengungkapkan, kegiatan dies natalis setiap tahunnya selalu mempunyai misi untuk memberikan sumbangsih bagi dunia hukum dan peradilan.
“Untuk tahun ini, kami ingin melibatkan alumni secara langsung, jadi juga kami ajak berdiskusi, untuk menghasilkan gagasan baru dan program kedepan untuk FH UB,” teranganya.
Sementara itu kemarin digelar diskusi bertema, “Sumbang Saran Hakim Alumni FH UB” di ruang auditorium gedung A, FH. Hasil diskusi tersebut diharapkan bisa memberikan solusi tentang dunia hukum secara praktik dan akademik. Menyatukan dan sinergikan keduanya sesuai dengan porsinya.
“Karena dihadiri oleh alumni yang berprofesi sebagai hakim, harapan dan tujuannya nanti ada kerjasama yang seimbang antara dunia hukum secara praktik dan akademik. Ataukah nanti ada hakim yang mengajar, atau nanti ada program mahasiswa belajar PKL ditempat mereka,” jelas Rachmad.
Salah satu alumni, Bambang H Mulyono, SH.MH mengatakan, selain dorongan dari pihak FH, kegiatan dies natalis ke 60 ini juga merupakan inisiatif dari alumni.
“Jadi memang kami selaku alumni, dan sudah menjadi hakim ingin saling berbagi. Dari dunia akademisi pun kami ingin mendengarkan masukan mereka. Dari kami juga ingin berbagi pengalaman,” terang dia.
Alumni angkatan 84 ini memberikan kesan sangat baik pada perkembangan FH UB. Ia pun bangga dan ingin, agar alumnu selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan di FH. (sin/van) 
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...