20 SMK Pamer Produk Kreatif


MALANG - SMK di Kota Malang memiliki beragam produk andalan yang layak diapresiasi. SMK Muhammadiyah 2 misalnya, memroduksi minumal gelas dari bahan kunyit asam. SMK Tumapel memiliki produk keripik buah pare, jamur tiram dan stik bayam yang dibuat siswa jurusan Tata Boga.
Produk-produk menarik tersebut bisa Anda jumpai dalam gelaran Creatif Vocational Education Produk Expo (CVEP) 2018. Menampilkan produk dari 20 SMK swasta Kota Malang, acara ini digelar di Mall Dinoyo City sejak 11-14 Januari.
Ada juga produk andalan SMK Farmasi Maharani Malang berupa minuman beras kencur, sari jahe, kunyit asam hingga aroma terapi dan hand soap yang berhasil dibuat oleh siswa jurusan farmasi. SMK Sriwedari dengan hasil olahan kripik jamur dan pare, kripik mendol dan dendeng daun singkong serta kripik perkedel dari singkong yang dikemas secara menarik. Tak ketinggalan juga SMK PGRI 3 Malang dengan menampilkan karya robotiknya.
Ketua Panitia CVEP Evy Erlinawati mengatakan, pameran yang diinisiasinya dengan merangkul puluhan SMK swasta di Kota Malang untuk pertama kalinya itu bertujuan sebagai ajang promosi.
“Ide ini ada karena selama ini, SMK swasta yang sebenarnya memiliki berbagai jenis produk hasil kreativitas siswa jarang di publikasi dan tidak banyak orang tua. Sehingga kita ingin dengan adanya expo ini orang akan mengenal produk dan karya dari generasi penerus bangsa ini,” ujar Evy kepada Malang Post.
Tidak hanya memajang puluhan produk, peserta dari 20 SMK swasta yang tersebar di Kota Malang itu juga diberi tempat untuk saling beradu kreativitas dari lomba-lomba yang diadakan. Mulai dari lomba fashion, dance, akustik dan tampilan kreativitas seni atau ekstra kurikuler seni seperti hadrah, banjari, musik tradisional, tari gandrung dan tari jaipong.
Evy menambahkan, dengan digelarnya acara tersebut, seluruh peserta dari SMK swasta di Kota Malang bisa membangun dan memiliki jaringan untuk melakukan kerja sama yang lebih baik untuk maju bersama. Karena selama ini, dikatakannya masih banyak SMK swasta yang berdiri dan muncul sendiri-sendiri. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :