Angkatan Perak Alumni Gelar Khitanan Massal

MALANG - Pekan lalu, angkatan perak alumni MAN 3 Malang menggelar bakti sosial untuk masyarakat Malang Raya. Baksos ini dalam bentuk khitan massal yang diikuti oleh puluhan anak usia TK dan SD bahkan masih ada yang berusia 4 bulan. Batita yang bernama Ahmad Hanif Mustofa.


Kepada Malang Post, M. Sayyidi ayah dari Ahmad Hanif Mustofa mengatakan di usia yang masih terbilang sangat muda, putra keduanya ini dikhitan dalam rangka menjalankan syariat agama. Semakin muda anak dikhitan menurutnya akan semakin bagus untuk kesehatan.
"Kalau anak saya yang pertama khitannya saat sekolah TK, itu sudah saya anggap terlambat," ucapnya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur atas fasilitas dan layanan yang diberikan kelurga besar MAN 3 Malang utamanya para alumni yang menggelar baksos tersebut.
"Alhamdulillah, dengan kegiatan ini kami terbantu dalam menjalankan syariat agama," ungkapnya.
Ketua Panitia Perak Alumni MAN 3 Malang, Sugeng Winarto, S.Pd mengatakan bagi para peserta khitan, pihaknya juga memberikan beberapa fasilitas. Diantaranya baju muslim, perlengkapan belajar dan uang saku.
"Itu yang bisa kami berikan, selain layanan khitan gratis untuk masyarakat," ucapnya.
Peserta khitan yang diundang antara lain dari keluarga guru MAN 3 Malang, alumni dan masyarakat umum. Para alumni yang berprofesi di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat dan ahli kesehatan lainnya, dikerahkan untuk menyukseskan kegiatan ini.
Sugeng menjelaskan khitan massal merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan perak alumni MAN 3 Malang. Kegiatan pertama sudah digelar pada Bulan Ramadan lalu dengan memberikan santunan kepada anak yatim di Panti Asuhan.

Agenda selanjutnya akan dilaksanakan pada momen Idul Adha mendatang. Yaitu dengan menyembelih beberapa hewan qurban.
"Semua alumni akan kita ajak untuk berkurban bersama sebagai ibadah dan amal bakti kita untuk madrasah dan masyarakat," tuturnya.
Sementara acara puncak Perak Alumni akan digelar pada Bulan Desember. Rencananya tim panitia dan alumni MAN 3 Malang akan menggelar banyak acara termasuk diantaranya seminar dengan mendatangkan tokoh-tokoh nasional.
Hingga tahun ini telah ribuan alumni yang dilahirkan oleh MAN 3 Malang. Mulai lulusan tahun 1993 hingga 2017. Perak Alumni merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mempererat hubungan antar angkatan.
Sesuai tema yang diangkat, yaitu ‘saatnya berbakti pada madrasah dan ummat’, seluruh alumni yang tersebar dari Aceh sampai Papua diharapkan memberikan manfaat dan warna untuk Bangsa Indonesia.
“Sesuai ajaran Rasulullah, fastabiqul khairat, untuk berlomba-lomba dalam kebaikan,” jelas Sugeng.  
Rencananya, lanjut Sugeng, di puncak acara nanti para alumni akan menghibahkan satu unit mobil ambulans untuk kepentingan madrasah dan ummat Islam.
“Kami berharap mudah-mudahan rencana tersebut tercapai,” tukasnya.
(imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :