Siapkan 10 Ribu Kursi, Polinema Diminati 42 Ribu Pendaftar

MALANG – Sebanyak 3.218 pendaftar mengikuti ujian jalur Mandiri Politeknik Negeri Malang (Polinema), Sabtu (16/7/17). Pada seleksi jalur terakhir yang dibuka Polinema, disiapkan sebanyak seribu kursi. Kuota jalur ini akan melengkapi target Polinema untuk menerima mahasiswa baru (maba) sebanyak 10 ribu orang. Hingga jalur terakhir, sedikitnya 42 ribu orang mendaftar di Polinema melalui lima jalur yang dibuka.

Direktur Polinema Dr. Tundung Subali Patma, MT mengatakan, ujian mandiri yang ditargetkan akan menerima kurang lebih 1000 mahasiswa ini, adalah untuk melengkapi jumlah mahasiswa Polinema genap 10 ribu.
"Ya semoga dengan diterimanya 1000 mahasiswa ini nanti tercapai target kita 10 ribu mahasiswa untuk tahun ini," ungkap Tundung.
Ujian yang diselenggarakan kemarin khusus untuk jurusan Rekayasa dan Tata Niaga. Untuk Tata Niaga terbagi atas dua jurusan, yakni Akuntansi dan Administrasi Niaga.
Menurut Tundung, sebanyak 1000 mahasiswa yang akan diterima jalur Mandiri ini sudah termasuk bidikmisi dan kerja sama.
"1000 yang diterima nanti juga ada yang ikut Bidikmisi jalur mandiri dan masih dikurangi kerja sama. Bidikmisi 50 orang, kerja sama 50 orang. Jadi kira-kira 900 lah yang diterima mandiri," kata Tundung.
Tundung mengatakan, yang diterima di jalur Mandiri memang paling sedikit dibandingkan dengan jalur lainnya. Sebab, katanya, jalur Mandiri di Polinema masih kurang diminati oleh masyarakat. Sebagian besar menganggap jalur mandiri ini masih mahal.
"Kita ambil paling sedikit karena saya yakin masyarakat pasti banyak pertimbangan memilih jalur ini. Menurut mereka mandiri masih mahal," kata dia.

Polinema juga tidak membuka pendaftaran di semua jurusan untuk jalur mandiri. Hanya jurusan tertentu yang dianggap menjadi favorit masyarakat.
Ia mengungkapkan, untuk jurusan Akuntansi memang masih jadi pilihan tertinggi. Disusul kemudian Teknik Industri, termasuk Rekayasa.
"Saya senang yang daftar dan ikut tes kali ini banyak dan yang diterima sedikit. Karena kompetisi akan semakin kompetitif. Dan input kita pun juga bisa semakin terseleksi lebih selektif lagi," bebermya
Salah satu peserta ujian Akuntansi Mochammad Hilmi berharap bisa diterima di jurusan ini. Sebelumnya ia sudah mempelajari profile jurusan ini. Serta prestasi - prestasinya  Sebelumnya, ia mengaku sudah mengikuti jalur PMDK di jurusan yang sama namun belum beruntung.
"Saya sudah pernah ikut PMDK tapi belum lolos. Sekarang saya berharap bisa masuk," ungkap Hilmi.
Beberapa jalur seleksi penerimaan maba dibuka Polinema untuk memenuhi target 10 ribu mahasiswa. Jalur seleksi lainnya yang sudah dilakukan proses seleksi adalah PmDK,GMF, PLN dan UMPN. (sin/oci)

Berita Lainnya :

loading...