Asik Berbisnis

SATRIYO Pandunusawan, mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya (UB) asik berbisnis. Ia kini menekuni bisnis keripik talas, keripik pisang dan ternak puyuh. 
Bisnis tersebut dijalankannya sejak Januari lalu. Bisnis keripik yang diberi nama Stasiun Teloles ini menyuguhkan ragam pilihan keripik aneka rasa, mulai balado, jagung bakar, balado pedas manis dan masih banyak lagi. 
“Saya mulai SMA sudah mulai mengenal dan belajar soal bisnis. Modal bisnisnya dari tabungan saya sendiri, “ ungkapnya.
Pria kelahiran Ponorogo 23 Desember 1995 ini mengaku, pemanfaatan media online sangat menguntungkan untuknya. Sebuah gadget dan koneksi internet cukup untuk menjalankan barang yang ia jual. 
“Untuk pemasarannya, saya menggunakan beberapa akun sosmed dan promosi dari mulut ke mulut, “ ujarnya.
Bisnis ini menurutnya dipilih karena hobi. Ia senang membuka usaha sendiri dan keaktifannya dalam sebuah UKM bisnis menjadikannya makin serius dengan dunia tersebut. 
Disinggung soal omset , ia mengaku perbulan mendapatkan Rp 5 juta sampai Rp 9 juta. Hingga saat ini, ia sudah menjual di daerah Ponorogo dan Malang.
“Semangat dalam berbisnis yang dijalankan berasal dari dukungan orang tua, keluarga dan teman-temannya,” ujarnya.
Ia menyatakan, menjalankan bisnis sambil kuliah gampang-gampang susah. Disamping mengerjakan tugas-tugas akademik, bisnis tetap harus jalan.  Saat bisnis sedang sepi dan rugi, ia dituntut untuk tidak mudah menyerah karena yang namanya bisnis barang matang harus berani rugi. 
Mahasiswa semester 7 ini mengungkapkan proses pembuatan peternakan modern seperti dari kotoran puyuh diolah menjadi biogas. Biogas adalah peganti untuk elpiji. Dari kotoran itu kita buat uap kemudian disalurkan ke kompor dan bisa menghemat pengeluaran keluarga. 
“Rencana saat ini saya mau melanjutkan yang biogas, untuk tempat biogas cukup besar biayanya dan sedang proses mencari dana. Saya mencari dana dengan cara kompetisi yang akan saya ikuti, ada juga namanya pendanaan akan saya ikuti juga, selain itu saya buka kerja sama. “Ujarnya (Mg5)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :