Gelar Khotmil Quran Dan Bakti Sosial


 
MALANG - Lantunan ayat suci Al-Quran bergema indah dan syahdu di lingkungan SMPN 1 Singosari, Jumat (12/1) lalu. Seluruh guru dan siswa tampak khusyuk membaca Alquran di halaman sekolah secara bersama-sama dalam satu majelis. Kegiatan ini adalah khotmil quran pada hari pertama perayaan HUT ke-53 SMPN 1 Singosari. 
Waka Kesiswaan, Kasmadi M.Pd mengatakan, dengan membaca Alquran 30 juz dalam artian menghatamkannya dapat memberi hikmah yang besar dalam perjalanan 53 tahun SMPN 1 Singosari dan selanjutnya kedepan. Khotmil quran ini juga bertujuan untuk semakin membumikan Alquran di lingkungan sekolah yang berada di Jalan Raya Singosari ini.  “Jika Alquran telah membumi di sekolah ini, maka diharapkan guru dan siswa SMPN 1 Singosari semakin tawaduk dan dekat dengan agama,” ucapnya. 
Ia menjelaskan pendidikan saat ini sudah tak imbang dengan arus globalisasi. Arus global dengan dampak negatifnya lebih kuat dibandingkan dengan pendidikan di sekolah. Maka dengan mengintensifkan Alquran diharapkan menjadi benteng iman yang melindungi anak terhadap pengaruh negatif tersebut.
“Kami berharap upaya ini membuahkan hasil yang terbaik bagi anak-anak,” tambahnya. 
Usai khatmil quran, acara dilanjutkan dengan bakti sosial. Terdapat paket sembako dibagikan kepada mayarakat kurang mampu. Beberapa diantaranya disalurkan melalui Basnas untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. Sedangkan sisanya diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu dan warga masyarakat di sekitar sekolah.
“HUT kali ini juga menjadi momentum bagi kami para guru untuk mengajarkan pada anak untuk peduli kepada sesama,” ungkap Kasmadi. 
Paket sembako yang diberikan berupa beras, minyak goreng, gula dan mi instan. Semuanya dikemas menjadi bingkisan sebelum disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Bahan-bahan sembako ini merupakan amal sedekah dari orang tua siswa dan guru.
“Semoga amal orangtua siswa dan guru ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan untuk memenuhi keperluan hidupnya,” harapnya.
Bakti sosial civitas SMPN 1 Singosari menjadi berkah bagi warga yang kurang mampu. Sebab sedikit banyak keperluan hidup mereka dapat terpenuhi. Ungkapan terimakasih disampaikan oleh Marimin salah satu warga yang merima bantuan sembako.
“Terimakasih kami ucapkan, semoga SMPN 1 Singosari semakin maju dan sukses,” ucap pria yang bekerja serabutan ini. (imm/sir/nda)

Berita Lainnya :

loading...