Semangat Raih Prestasi yang Lebih Baik



MALANG – Puncak perayaan HUT ke-53 SMP Negeri 1 Singosari berlangsung super heboh, Sabtu (13/1) lalu. Dalam acara tersebut, seluruh siswa dan guru secara serentak menampilkan flashmob yang ditandai juga dengan nyala kembang api dan pelepasan balon. Seluruh civitas akademika SMP Negeri 1 Singosari larut dalam suasana gembira dalam kemeriahan Hari Ulang Tahun sekolah yang mereka banggakan. 
Hari itu puncak kegiatan yang diwarnai dengan acara pentas seni. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan beberapa penampilan kreativitas siswa yang tergabung dalam program pengembangan bakat ekstrakurikuler. Seperti dance, drama, tari tradisional, pramuka dan penampilan paskibra yang dikemas dalam satu rangkaian drama musik kolosal.
Selanjutnya, acara seremonial puncak acara HUT ke-53 dimulai. Diawali dengan pemotongan kue dan sambutan oleh Kepala SMP Negeri 1 Singosari, Drs Susilo Wardoyo M.Si. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tarian falshmob dan pelepasan balon oleh seluruh siswa dan guru.
“Selamat ulang tahun ke-50 SMP Negeri 1 Singosari, selamat ulang tahun untuk kita semua, semoga ke depan semakin maju dan lebih baik,” ucap Wardoyo, sapaannya, dengan bangga.
Dalam kesempatan itu, ia mengatakan di usia ke-53 tahun, lembaga yang dipimpinnya telah mencapai banyak kemajuan. Utamanya rentetan prestasi siswa yang begitu membanggakan baik di bidang akademik maupun non akdemik. Tidak hanya di tingkat provinsi maupun nasional, tapi juga hingga di tingkat internasional.
“Ini merupakan sebuah kebanggaan kita semua, sebagai prestasi yang harus dipertahankan dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi,” ujar pria asli Singosari ini.
Sementara itu, pentas seni dalam rangka HUT sekolah kali ini, menjadi salah satu momen bagi siswa untuk menyalurkan bakat yang selama ini diasah dalam sebuah pembinaan program ekstrakurikuler. Dan tidak hanya itu, di momentum kali ini semua siswa terlibat dalam acara. Setiap kelas wajib menampilkan satu karya seni baik secara kelompok maupun perorangan. 
Kegembiraan dalam merayakan HUT ke-53 SMP Negeri 1 Singosari tak hanya dirasakan guru dan siswa. Dalam kesempatan itu, turut hadir orang tua siswa untuk juga ambil bagian dalam acara. Bahkan orang tua yang tergabung dalam Paguyuban Orang Tua (POT), juga menyumbangkan lagu. 
Kepada Malang Post, Nono Pramono selaku pengurus POT mengatakan pihaknya merasa bangga memiliki lembaga seperti SMPN 1 Singosari sebagai tempat belajar putra-putri mereka. Selama ini program pendidikan yang diterapkan sekolah selaras dengan keinginan orang tua.
“Dan dalam program apapun kami selalu dilibatkan baik di dalam maupun di luar sekolah. Sampai saat ini jalinan komonikasi antara kami orang tua dan guru di sekolah terjalin sangat baik,” katanya. 
Menurutnya, kerjasama antara guru, orang tua dan komite sekolah sangat penting dilakukan demi berjalannya sebuah proses pendidikan yang bagus. Dari kerjasama ketiga pihak inilah, SMPN 1 Singosari telah menunjukkan hasil yang baik, dengan indikator siswa yang berprestasi di segala bidang.
“Semoga SMP Negeri 1 Singosari semakin maju dengan peserta didik yang semakin berprestasi. Kami orang tua selalu siap mendukung untuk suksesnya pendidikan putra-putri kami di sekolah ini,” ungkapnya.
Momen HUT sekolah ini, juga menjadi motivasi tersendiri bagi siswa untuk menjadi pelajar dengan potensi diri yang lebih baik. Seperti yang diungkapkan Ketua Majelis Perwakilan Kelas, Rastra Favian, saat ditemui Malang Post. Ia mengatakan sudah seharusnya sebagai pelajar menerapkan ilmu yang diperoleh dari guru. Dan dengan belajar dan berlatih seorang siswa akan berprestasi.
“Kita telah menunjukkan prestasi di tingkat dunia, maka itu harus dipertahankan,” kata dia. 
Agar tampil maksimal di luar sekolah, perlu adanya kekompakan antar pelajar SMPN 1 Singosari. Untuk itu, Zaky Fahri selaku Ketua OSIS berharap kekompakan antar siswa terus diperkuat demi langkah ke depan yang lebih solid.
“Semuanya harus kompak dari kelas tujuh, delapan dan sembilan. Tidak ada rasa senioritas, semuanya sama untuk menjadi siswa dari sekolah terbaik,” ucapnya. (imm/sir/nda)

Berita Lainnya :