Program Campus Expo, SMAN 4 Libatkan Alumni

 
MALANG - Banyaknya kesalahan dalam memilih jurusan di perguruan tinggi, membuat SMAN 4 Malang memberikan pembekalan informasi bagi siswa-siswi kelas XI dan XII, serta wali siswa tentang berbagai informasi perguruan tinggi. Melalui program Stetsa Campus Expo 2018, pihaknya mengundang 19 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari berbagai kota.
Ketua Panitia, Dina Febrianawati S.Pd mengatakan, program yang dilaksanakan memasuki semester genap itu sudah tiga tahun ini dilaksanakan sebagai pembekalan siswanya agar mengetahui lebih banyak informasi tentang jurusan dan prodi yang akan dipilih setelah lulus.
“Sudah tiga kali ini kita menggelar campus expo, namun yang berbeda di tahun ini, kita menggunakan partisi dari alumni Stetsa yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin silaturrahmi juga,” ujar Dina kepada Malang Post.
Uniknya, puluhan perguruan tinggi tersebut diwakili alumni-alumni dari Stesta yang tidak hanya memberikan informasi tentang jurusan, program studi dan biaya, tetapi juga berbagi pengalaman mereka kepada adik-adiknya. Dengan memanfaatkan waktu yang hanya sehari saja, Stetsa Campus Expo 2018 terbagi menjadi dua sesi dari klas XI dan XII yang diwajibkan untuk berpartisipasi.
Guru BK SMAN 4 ini menjelaskan, dari 19 perguruan tinggi terdiri dari 12 PTN dan tujuh PTS dari berbagai kota yang diberikan kesempatan untuk mempresentasikan kepada klas XII. Dari total delapan kelas, setiap kelasnya diisi rata-rata 30 anak dari 304 siswa. Setelah diberi waktu selama setengah hari untuk bergantian presentasi, selanjutnya siswa kelas XII berpindah ke tempat pameran yang telah diisi oleh 19 stand PTN dan PTS untuk mendapat informasi sebanyak mungkin.
“Kita juga mengundang wali murid kelas XII dalam pameran. Sehingga wali murid juga mendapat informasi yang bermanfaat dan bisa saling komunikasi dengan anaknya saat memutuskan dan memilih perguruan tinggi negeri,” ungkapnya. 
Dina menambahkan, untuk kelas XI juga diberi tempat ke pameran dan konsultasi tentang perguruan tinggi yang diminita sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki nanti.
Sementara itu, Ahmad Haikal Andani salah satu alumni SMAN 4 Malang yang mewakili Unair mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan campus expo yang didakan oleh sekolahnya dulu. Dari kegitan ini, setidaknya diakuinya bisa membantu memberikan wawasan kepada adik-adik tentang universitas hingga jurusan yang di kampusnya. 
“Kami senang bisa membantu adik-adik dan ini sangat bermanfaat bagi kami juga. Sedang kebanyakan yang ditanyakan adik-adik adalah persaingan untuk masuk universitas. Selain itu juga biaya hidup hingga cara mendapat beasiswa,” ungkap alumnus tahun 2017 ini.
Bagitu juga dengan salah satu wali murid dari Cahyo Kukti siswa kelas XII IPS 6, Windy yang mengungkapkan mendapat manfaat banyak dari campus expo. Karena, ia bisa mencari tahu mana kampus yang yang cocok untuk anaknya.
“Disini saya bisa mencari informasi tentang kampus yang sesuai dengan kemampuan anak saya. Sebagai orangtua yang tahu dan paham bagaimana kekurangan atau kelebihan anak juga tidak bisa memaksakan pilihan. Sehingga harus ada komunikasi yang terjalin dengan baik. Kita sebagai orangtua selalu mendukung dan mendorong anak untuk memilih yang terbaik,” pungkasnya. (eri/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :