Siswa Baru SMPN 17 Bersih-bersih Sungai

MALANG – Siswa N 17 Malang membersihkan sampah-sampah yang terikut di aliran sungai di depan sekolah. Tak hanya itu, mereka juga menanam tanaman di depan dan di dalam lingkungan sekolahnya.
Kepala SMPN 17 Malang, Drs. H. Musthafa, M.Pd mengatakan kegiatan ini untuk mengajarkan kepedulian dan cinta terhadap lingkungan sekolah dan luar sekolah.

”Anak-anak dibiasakan dalam lingkungan yang bersih, jadi susana belajar akan menyenangkan. Setelah menanam, nantinya mereka harus bertanggung jawab untuk merawat, seperti menjaga kebersihannya dan menyiram. Pembiasaan inilah yang penting,” katanya.
Di hari pertama pengenalan lingkungan sekolah Senin lalu, siswa telah dibekali dengan teori pengenalan lingkungan dan dipratekkan dalam kegiatan kemarin (18/7). Mereka membersihkan sampah rumah tangga dalam aliran sungai depan sekolah sepanjang kurang lebih 100 meter. Tanpa rasa jijik, siswa laki-laki turun ke sungai yang dangkal dan mengambil sampah plastik, dan dikumpulkan di kantong sampah.

Selanjutnya dengan peralatan seadanya, mereka menanam tanaman yang telah dibawa dari rumah masing-masing, diantaranya pohon yang dapat memberikan manfaat atau difungsikan dalam mata pelajaran IPA, beberapa macam bunga, dan tanaman lidah buaya.
”Sekolah tidak memaksa siswa untuk membawa tanaman tertentu, hanya kami arahkan untuk tanaman yang mudah dicari atau tanaman buah. Kebetulan sekolah kami masih banyak ruang kosong yang bisa ditanami. Juga kami tanam di depan sekolah agar nantinya orang tua bisa menjemput di tempat yang rindang,” tutur Musthafa. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...