magista scarpe da calcio Non UB Bisa Daftar Rektor


Non UB Bisa Daftar Rektor


MALANG – Pendaftaran bakal calon rektor Universitas Brawijaya periode 2018-2022 sepi pendaftar. Sejak pendaftaran dibuka 5 Januari lalu, belum ada satu pun pendaftar.
Meski demikian, Ketua Senat Akademik Universitas Brawijaya, Prof Dr Ir Arifin MS memastikan, pemilihan rektor (Pilrek) UB tahun ini dipastikan bakal menarik. Karena ada beberapa peraturan baru yang memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk menjadi rektor di universitas terbesar di Malang ini.
“Peraturan tidak berubah jauh, hanya saja bagi bakal calon rektor boleh dari luar lembaga. Berbeda dengan Pilrek 2014 yang hanya khusus orang UB. Aturan baru ini memungkunjab pejabat struktural pemerintahan hingga pengajar di pendidikan tinggi lai boleh ikut mendaftar Pilrek,” ujar Arifin kepada Malang Post.
Pria yang juga menjabat Ketua Senat periode 2017-2021 ini, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi bagi pendaftar dari non UB. Mulai dari usia maksimal 60 tahun pada saat berakhirnya masa jabatan rektor yang sedang menjabat saat ini, pada 10 Juni 2018, lalu bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dosen dengan jenjang akademik paling rendah lektor kepala. Pendaftar juga wajib memiliki pengalaman manajerial, dengan jabatan paling rendah ketua jurusan atau ketua lembaga paling singkat dua tahun di Perguruan Tinggi Negeri dan paling rendah sebagai pejabat eselon IIA di lingkungan instansi pemerintah.
Tak hanya itu, lanjut Arifin, dengan adanya persyaratan baru tersebut, partisipasi mahasiswa juga sangat diharapkan. Mahasiswa diperbolehkan mendorong calon rektor yang dirasa mampu membawa perubahan bagi kampus dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
Ia menambahkan, pemilihan rektor UB yang terbuka untuk umum diharapkan para calon pendaftar secara visi terus bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing dan bereputasi internasional. “Dengan begitu, kita berharap para calon nantinya bisa memaparkan visi misi yang senada dengan UB yaitu sebagai worldclass university dan entrepreneur university,” ungkapnya.
Dari visi tersebut, dikatakan Arifin, tentu nantinya akan terpilih rektor yang mampu mewujudkannya, yang dapat diketahui saat memaparkan visi dan misinya. Melalui visi misi, secara tidak langsung akan terbaca dari kemampuan para calon rektor.
Ia menambahkan, pendaftaran rekor tidak menggunakan sistem online, tetapi pendaftar bisa langsung mengunduh form melalui web. Karena para calon yang akan mendaftar harus menandatangani pakta integritas setelah melengkapinya.
Sementara itu, pendaftaran akan ditutul pada 31 Januari, lalu tahap kedua seleksi administrasi berkas pada 2-3 Februari, kemudian disusul dengan cek kesehatan bakal calon rektor pada 5-9 Februari. pengumuman bakal calon rektor dilakikan pada 16 Februari serta pengumuman penyaringan 8 Maret dan pemilihan rektor pada 16 Maret. (eri/han)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang