Ujian Kompetensi, Siswa Disiapkan 100 Persen Lulus


MALANG - Uji kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) menjadi momen penting bagi siswa SMK. Ujian wajib ini harus dilalui siswa kelas XII selain Ujian Nasional (UN). Karena itu, SMKN 5 Malang menggelar simulasi sebelum pelaksanaan ujian, Senin (22/1) hingga Sabtu (27/) mendatang. Ada 4 program keahlian yang akan mengikuti ujian tersebut yaitu jurusan multimedia, TKJ, RPL dan tata busana.
“Sekarang sedang persiapan pelaksanaan uji kompetensi LSP yang pelaksanaanya hari Senin. Persiapan dengan simulasi ujian teori dan praktik sesuai bidangnya masing-masing,” kata Wahyu Andreas, Humas SMKN 5 Malang.
Selain UN, siswa SMK harus melaksanakan uji kompetensi baik melalui LSP atau UKK. Namun jika telah melalui LSP, maka tidak perlu lagi UKK.
Total sebanyak 405 siswa dari 4 jurusan akan mengikuti uji kompetensi LSP. Melalui uji kompetensi ini, nantinya setiap siswa yang lulus bisa memperoleh sertifikat sesuai bidangnya yang dikeluarkan langsung oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Sertifikat ini menyatakan bahwa siswa yang mampu menyelesaikan ujian tersebut memang memiliki kompetensi di bidang masing masing dan diakui oleh BNSP.
Selain ujian teori dan praktik, juga ada tahap wawancara sesuai dengan praktik dari soal-soal teori yang diberikan.
“Wawancara berkaitan dengan karya atau hasil kerja, karena praktik sesuai dengan soal,” terangnya.
Melalui simulasi tersebut diharapkan menjadi salah satu cara agar siswa siap menghadapi ujian dengan asesor dari luar saat ujian berlangsung. Andre menginginkan tingkat kelulusan untuk uji kompetensi LSP ini dapat mencapai tingkat kelulusan 100 persen sama seperti tahun lalu.  
“Harapannya dengan diadakannya simulasi ini, siswa lebih siap menghadapi ujian dengan asesor dari luar, supaya 100 persen lulus,” ujar Andre. (yan/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :