Peluang Kerja Tinggi, Manajemen Geser Dominasi PGSD


MALANG - Beberapa tahun terakhir, Program studi Manajemen menjadi pilihan favorit pada seleksi perguruan tinggi. Prospek kerja lulusan yang menjanjikan jadi salah satu alasan banyak yang tertarik studi di prodi ini.
Wakil Dekan I FE UM Dr. Agus Hermawan, M.Si menuturkan, manajemen jadi primadona pendaftar di tingkat nasional.
“Jika berbicara ilmu sosial tahun lalu prodi manajemen menjadi rebutan para pendaftar. Alasannya di jurusan manajemen ini punya prospek di semua lapangan pekerjaan,” ujar Agus kepada Malang Post.
Di UM, ia mencontohkan, selama tiga tahun berturut-turut FE menjadi prodi favorit pilihan pendaftar.
“Untuk manajemen, akhir-akhir ini dianggap lebih fleksibel dimana-mana. Jadi tidak kaget bisa sampai menggeser jurusan PGSD yang sempat memuncaki pendaftar terbanyak,” terangnya.
Ditambahkan mantan Kajur Manajemen ini, jika rasio pendaftar di tingkat fakultas pada tahun 2017 rata-rata rasio pendaftar untuk prodi manajemen sebesar 1:13 pendaftar, prodi akuntansi sebesar 1:11 dan ekonomi pembangunan dengan rasio terkecil 1:8 pendaftar. Diungkapnya, jika rata-rata tersebut selama tiga tahun ini. Tak hanya itu, sebelumnya prodi akuntasi juga pernah menjadi favorit di Fakultas Ekonomi UM.
Kalau dilihat dari tingkat universitas, juga begitu prodi manajemen berada di urutan atas kemudian disusul prodi akuntansi dan prodi PGSD. Dengan banyaknya pendaftar tersebut, tentu berkaitan langsung dengan fasilitas, sarana dan prasarana, sistem pembelajaran serta kualitas sumberdaya pengajar yang dimiliki UM.
“Dengan banyaknya pendaftar dan menjadi prodi unggulan, kita juga meningkatkan beberapa faktor tadi, terutama tenaga pengajar,” tegasnya.
Disebutkan secara rinci, untuk mengimbangi kuantitas dan kulitas pendidikan di fakultas Ekonomi. Saat ini sebanyak 51 persen dari 96 dosen PNS dan 25 dosen non PNS sudah bergelar doktor.
“Kita selalu perbaiki dan tingkatkan terus dengan setiap tahun kita targetkan penambahan doktor. Begitu juga dengan target jurnal nasional, internasional dan konferensi internasional. Jadi ada banyak aspek yang membuat FE banyak peminat seperti SDM, sarana dan prasarananya,” ungkapnya.
Pada SNMPTN kali ini, ia masih optimis bisa meraih peminat terbanyak, baik untuk prodi manajemen atau prodi akuntansi yang akan menjadi pilihan utama. FE juga menambah satu kelas pada prodi pendidikan bisnis yang pada tahun lalu hanya mengusulkan 80 kursi yang pada tahun ini menjadi 120 kursi. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :