100 Guru Dilatih Tulis Buku

 
MALANG - Untuk meningkatkan literasi, Gerakan Guru menggelar acara pelatihan menulis bertajuk ‘Satu Guru Satu Buku’ (Sagu Sabu). Acara yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang, Minggu (21/1) tersebut diikuti sekitar 100 orang guru yang berasal dari wilayah Malang Raya, Sumenep, Bawean, Banyuwangi, Jember hingga Tarakan. 
Panitia kegiatan Sagu Sabu, Ernaz Siswanto, M.Pd mengatakan, pelatihan menulis tersebut diadakan selama dua hari, yaitu Sabtu (20/1) dan Minggu (21/1). Pada hari pertama, kegiatan tersebut diisi dengan memberikan motivasi menulis untuk para guru dan menentukan tema dan topik tulisan. 
“Kemudian, pada malam harinya, para guru membuat sinopsis dari tema dan topik tersebut. Setelah itu, dibuatkan bentuk cover dan pada hari kedua, sinopsis tersebut diuraikan satu persatu,” terang Ernaz ketika ditemui Malang Post.
Tulisan tersebut dikoreksi oleh dua orang narasumber yaitu Muhammad Ikhsan, seorang CEO Media Guru dan perwakilan dari Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TKPK) PKn dan IPS Istiqomah. 
“Satu persatu isi bukunya didiskusikan. Hal ini fungsinya untuk membangkitkan semangat kepada para penulisnya untuk berkarya,” kata dia.
Ernaz menerangkan, dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya menargetkan selama satu bulan, satu guru bisa menghasilkan satu buku.“Kegiatan ini merupakan kegiatan guru membantu guru. Jadi, saling menginspirasi satu sama lain,” ujar dia. (tea/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :