Belum Lulus, 143 Siswa Kelas XII Tembus 26 Perusahaan


MALANG - SMK  PGRI 3 Malang pada awal tahun 2018 ini berhasil mengantarkan 143 siswa kelas XII ikut dalam proses seleksi untuk bekerja di 26 perusahaan yang memiliki kerja sama dengan sekolahnya. Selain itu, ada 43 siswa yang sudah diterima dan mulai bekerja di suluruh perusahaan tersebut sebelum lulus sekolah.
Kabid Kerja sama Industri SMK PGRI 3 Malang, Ervin Kurniawan, S.Kom, mengatkan jika seluruh siswa kelas XII yang sedang mengikuti proses seleksi dan sudah diterima tersebut merupkan bagian dari target sekolah untuk mempekerjakan siswanya sebelum lulus.
“Pencapaian untuk mengantar siswa kerja sebelum lulus tersebut kami lakukan setiap tahunnya. Di mana dalam perekrutan tersebut adalah hasil kerja sama sekolah dengan industri nasional dan internasional,” ujar Ervin kepada Malang Post.
Ia menjelaskan lebih lanjut, perekrutan tersebut memang ditujukan untuk kelas XII sebelum melaksanakan UNBK. Dengan begitu perusahaan tidak usah menunggu alumni lulus terlebih, dengan proses peruhaan datang ke sekolah untuk melakukan seleksi pada siswa yang meliputi administrasi, tes fisik, tes medikal dan interview.
Untuk awal tahun ini saja, ungkap Ervin, ada 26 perusahaaan yang telah melakukan sistem rekruitmen bagi siswa kelas XII. Beberapa perusahan diantaranya PT Dharma Polyplast dan PT Denso yang bergerak di manufaktur komponen otomotif serta PT Pama Persada di bidang Pertambangan tingkat nasional. Sedang untuk perusahaan internasional, PT Japan Indonesia Economic Center (PT JIAEC) yang bergerak di bidang pengelasan dan Yamaha Electronics Manufacturing (M) Sdn Bhd dari Malaysa.
“Bagi siswa yang diterima, kami juga tidak kan melepas mereka dengan sendirinya. Pihak sekolah akan mengantar mulai berangkat dari proses awal hingga akhir. Sehingga ada tanggung jawab dari kami,” jelasnya.
Ervin menambahkan, bagi siswa yang belum diterima dibeberapa perusahaan tersebut, SMK PGRI 3 juga akan mengadakan pekan rekruitmen. Di mana pada pekan rekruitmen tersebut juga diadakan di sekolah dengan berbagai bidang perusahaan.
“Untuk perusahaan kami tidak membatasinya, namun opsi pekan rekruitmen itu kami adakan jika masih ada siswa kelas tiga yang belum diterima,” ungkap pria ramah ini.
Ervin menambahkan, jika pada tahun ini pihaknya juga mengadakan rekrutmen khusus dari PT AICE Jatim yang membutuhkan 700 tenaga kerja level operator dari SMK PGRI 3 Malang. Sehingga dipastikannya seluruh lulusan siswanya bisa bekerja sebelum lulus.
Skariga, julukan SMK PGRI 3, juga memberikan pengarahan bagi siswa kelas XII yang memilih untuk melanjutkan sekolah dengan jalur SNMPTN dan membimbing siswanya untuk jalur beasiswa Politeknik Manufaktur (Polman) Astra. Serta pihaknya juga memandu untuk mengikuti beasiswa pendidikan S1 bidik misi dan beasiswa etos. Sedang, bagi siswa yang memilih berwira usaha, Skariga juga mendatangkan perusahaan PT Bits Miliartha untuk memberikan training Tekno Prenuership. Yaitu berwirausaha dengan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan teknologi.
Ervin juga menginformasikan, pada tahun aran 2018/2019 ini, SMK PGRI 3 Malang telah membuka pendaftaran siswa baru melalui jalur Penelusuran Potensi Akademik (PPA) mulai 2 Januari lalu dan akan berakhir pada 2 Februari dengan pendaftar yang telah mencapai 471 orang. (keris/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...