Legenda Nini Thowok Dikenalkan ke Sekolah

 
MALANG – Film merupakan salah satu media yang sangat efektif untuk menjelaskan hal yang tidak banyak diketahui oleh penontonnya. Apalagi jika hal dalam film tersebut memiliki banyak pesan yang ingin ditunjukan seperti legenda dan sejarah yang ada di Indonesia.
Itulah yang sedang dilakukan oleh artis, penulis cerita serta produser film Nini Thowok dengan berkunjung ke sekolah vokasi di Kota Malang, yaitu SMKN 2, SMKN 4 dan SMKN 8 Kota Malang, Kamis (25/1). Produser film Nini Thowok, Ronny Irawan menjelaskan, jika pengenalan film ke beberapa kota terutama sekolah agar anak-anak Indonesia mendukung film dalam negeri. 
“Kita ingin dengan datang ke sekolah-sekolah, anak-anak bisa lebih menghargai film-film Indonesia,” ujar Ronny kepada Malang Post.
Diungkapkannya, pemilihan film tersebut, karena keinginan untuk mengangkat legenda Jawa Nini Thowok yang telah berusia lebih dari 500 tahun. 
“Kami ingin mengenalkan pada anak-anak jika film ini. Selain itu, kami tidak ingin membuat film yang asal horor, tetapi diperkaya dengan unsur drama,” tegasnya.
Dialog serta pembahasan film tersebut, akan berlangsung di 20 kota seperti Surabaya, Bekasi dan Serang. Setelah dari Malang, mereka akan melanjutkannya ke Solo.
Waka Humas SMKN 8 Malang, Mamik Rahayu S.Pd. mengungkapkan, kegiatan dialog film Nini Thowok tersebut ada banyak manfaat yang didapat anak-anak. Mulai dari pembuatan film, latar belakang pembutan film hingga akulturasi budaya.
Ia menjelaskan lebih lanjut, meskipun film tersebut bergenre horor, setelah adanya diskusi film Nini Thowok ingin mengangkat dan mengenalkan legenda jawa tentang Nini Thowok. 
“Dari legenda yang dijadikan film itu, anak-anak akan belajar bagaimana mengulas sebuah film nantinya. Pasalnya di SMKN 8 juga memiliki ekstra kurikuler jurnalistik,” bebernya.
Pada kesempatan tersebut, sekitar 150 siswa perwakilan semua kelas ikut dalam dialog yang dilaksanakan dengan sangat antusias. Tidak berbeda dengan suasana di Student Centre (SC) SMKN 2 Malang yang juga diikuti lebih dari 100 siswa.
Pada kesempatan tersebut, para siswa juga mendapat kesempatan untuk berfoto bersama pemeran Fajar dalam film, Reza Rosandi, produser, Ronny Irawan dan Agnes Davonar, penulis cerita film. Bahkan tak jarang saat berfoto bersama para siswa teriak karena rasa kagumnya. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :