magista scarpe da calcio Pupuk Mahasiswa Mengabdi pada Masyarakat Sejak Dini


Pupuk Mahasiswa Mengabdi pada Masyarakat Sejak Dini


MALANG – Puncak dari program pembinaan mahasiswa baru (Probin) melalui Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) telah dilaksanakan Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan terjun langsung ke masyarakat. Sebanyak 782 mahasiswa dari delapan jurusan diberangkatkan melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bringin, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.
Ketua Panitia KKM, Rikky Handoyo mengatakan jika pengabdian yang dikemas dalam Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) Teknik tersebut merupakan bagian dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di masyarakat. Dengan tujuan para mahasiswa baru dari Fakultas Taknik UB dapat mengembangkan diri di bidang penalaran, minat bakat, dan sosial.
“Dari kegiatan KKM yang telah masuk periode ke-40 ini, selain bertujuan untuk memupuk jiwa sosial mereka, kami ingin memupuk sejak dini membuka wawasan, kemampuan, keterampilan, dan soft skills yang mereka miliki untuk diterapkan di masyarakat,” ujar Rikky kepada Malang Post.
Di daerah yang menjadi lokasi pengabdian ratusan mahasiswa baru teknik itu, mereka juga akan memberikan bantuan dengan pembangunan rabat jalan dengan panjang sekitar 120 meter dan pemasangan lampu penerangan sebanyak 18 titik, pembuatan tempat sampah organic dan organic, serta perbaikan irigasi untuk mahasiswa laki-laki.
Sedangkan untuk mahasiswa perempuan, mereka akan melakukan pembinaan ke adik-adik di tingkat TK dan SD dengan memberikan keterampilan. Serta memberikan pengembangan tentang potensi lokal yang dimiliki wilayah tersebut, untuk meningkatkan perekonomiannya. “Kami harap kegiatan bisa meningkatkan sinergi antara FT UB dengan masyarakat dan Pemerintah Daerah melalui peran nyata yang direalisasikan oleh perguruan tinggi,” imbuhnya.
Sementara untuk dana yang digunakan berasal dari fakultas dan para peserta sendiri, dengan total dana sekitar Rp 300 juta. Yang digunakan untuk melakukan pengembangan di Desa Bringin Kecamatan Wajak. Pelaksanaan kegiatan dimulai 27 - 30 Januari 2018.
Dalam acara pelepasan, seluruh mahasiswa baru FT UB, dilepas oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. Sebelumnya, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT juga memberikan pengarahan kepada panitia akan kesiapan sarana dan prasarana seperti kebutuhan air, tempat MCK, tenda, dapur umum, dan aliran listrik. (eri/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top