Siswa Baru Diajari Peka dengan Lingkungan

 
MALANG - SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 3 hari, Senin-Rabu (17-19/7). MPLS digelar dengan beragam kegiatan, salah satunya bakti sosial yang digelar di luar sekolah. Tujuannya untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan bukan berupa bingkisaan atau uang, namun siswa-siswi SMA Selamat Pagi Indonesia melakukan aksi sederhana. Seperti membantu mencuci piring pedagang, membantu menyebrangkan orang tua hingga ikut menyapu jalanan.
"Melalui kegiatan baksos ini, tentunya diharapkan agar bisa melatih kepekaan anak-anak pada lingkungannya dengan membantu orang yang kesusahan," kata Didi.
Julianto Ekaputra S.E selaku pendiri SMA Selamat Pagi Indonesia juga mengatakan hal yang senada. Setiap siswa diajarkan untuk selalu menghormati kepada setiap warga masyarakat yang ditemuinya.
"Baksos ini mengajarkan siswa agar respect kepada setiap orang. Seperti contohnya ketika siswa membantu dengan mencuci piring para pedagang, mereka akan tahu betapa sulitnya pekerjaan tersebut," jelas Julianto kepada Malang Post.
Sejak awal dibentuk sekolah ini, Julianto memang mengemas kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dengan materi dan kegiatan yang menunjang karakter dan tentunya jauh dari indikasi perploncoan.
"Dari awal memang saya tidak setuju ada atribut aneh aneh. Tujuannya apa? melatih mental? tentu tidak. Justru dengan semisal membantu mencuci piring para pedagang di pinggir jalan justru akan bisa melatih mentalnya dan menghargai pekerjaan orang lain," imbuh Julianto.
Kegiatan menarik lainnya yang digelar adalah penyampaian materi motivasi untuk membangun impian masa depannya. Materi tersebut bertujuan agar setiap siswa memiliki tujuan setelah menjalani sekolah.  Bahkan pada materi selanjutnya, pihak sekolah membuat sesi untuk membuat sendiri impian siswa dikemas menjadi buku 'Dream Book'.  Di dalam buku itulah setiap siswa dapat mencantumkan mimpinya di masa yang akan datang.
"Sejak awal perlu dipersiapkan agar selama menempuh pendidikan SMA, setiap siswa mampu fokus untuk mencapai impiannya masing - masing," ujar Didi Humas SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu.
Selain 'Dream Book', SMA Selamat Pagi Indonesia juga memberikan materi bertajuk PAKSA (Pray Attitude Knowledge Skill dan Action). Diberikannya materi tersebut juga dikarenakan pihak sekolah benar-benar ingin membentuk karakter siswa sebab seperti yang telah diketahui pada sekolah ini semua siswa diwajibkan untuk menginap di asrama yang disiapkan oleh sekolah.
"Jadi setiap siswa dilatih untuk selalu melaksanakan ibadahnya (Pray), dengan memiliki sikap atau perilaku yang baik (Attitude), pengetahuan yang luas (Knowledge), keahlian yang mumpuni (Skill) dan tindakan yang sesuai dengan yang telah diajarkan kepada mereka (Action). Sehingga setelah mereka selesai asrama, mereka akam menjadi orang yang benar-benar berkarakter," jelas Didi.  (yan/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :