Hafalkan Rumus dengan Bermusik

Foto : Purwanto Malang Post
MALANG - Siswa kelas IX SMP Pamerdi memiliki cara unik menghafal rumus matematika. Mereka membuat lagu untuk menghafal cara mencari rumus statistika. Menariknya lagi, dari lagu ini, tak hanya pelajaran matematika saja yang mudah dihafal, tapi juga pelajaran seni dan bahasa Inggris.
Faustine Vallerie dan Dwi Wahyuningtias mengaku antusias membuat lagu dari rumus matematika. 
"Kami membuat lagu dari rumus matematika dengan tema tentang rumus statistika. Dari rumus itu kita menjabarkan mean, median, dan modus untuk dinyayikan," ujar Faustine kepada Malang Post.
Faustine dan kawan-kawannya kemarin membawakan lagu tersebut dalam kegiatan ujian praktik kelulusan yang digelar di Museum Musik Indonesia. Sebanyak 22 siswa mengikuti ujian tersebut.
Ujian praktik yang dilaksanakan setiap tahunnya tersebut memiliki konsep berbeda. Tahun ini melalui media musik yang diharapnya siswa bisa belajar dengan senang. 
"Ini mencakup semua pelajaran, misalnya saja mata pelajaran IPS, mereka bisa belajar sejarah yang kemudian ditungkan dalam lirik lagi yang mereka buat," beber Kepala SMP Pamerdi, Wahyu Kris S.Pd. MM. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :