Mantan Warek Unikama Ramaikan Pilrek UB


MALANG - Pendaftaran pemilihan rektor (Pilrek) Universitas Brawijaya (UB) Malang periode 2018-2022 akan ditutup, hari ini, pukul 14.00 WIB. Hingga Selasa siang kemarin, telah ada empat pendaftar di bursa bakal calon rektor salah satu PTN di Kota Malang ini.
Mereka adalah Dekan Fakultas Pertanian UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S, Rektor UB periode 2014-2018 Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri, M.S, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Peternakan UB, 2015-Sekarang Dr. Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc dan Kepala Pusat Penelitian & Kajian Kebijakan Publik IPDN, 2016- sekarang Dr. Drs. Tjahyo Suprajogo, M.Si.
Sekretaris Panitia Pilrek UB Prof Abdul Latief Abadi mengatakan, untuk pemilihan rektor UB minimal harus ada empat pendaftar. Sehingga pendaftaran yang akan berakhir hari ini tidak akan diperpanjang.
“Saat ini telah ada empat pendaftar, namun dari keempat berkas tersebut panitia belum meneliti keabsahan berkasnya,” ujar Latief kepada Malang Post.
Ia mengungkapkan, meski sudah ada empat pendaftar yang tercatat hingga Selasa (30/1). Latief mengagtakan jika masih akan ada dua lagi yang dikabarkan akan mendaftar. Salah satunya dari Dr Krth. Sujito Satriyodipuro, S.H, M.PD dari UIN Surakarta.
“Dari UIN Surakarta kemarin ada yang menghubungi kami, dan kami sudah berikan informasi tentang persayaratan yang harus dilengkapi. Selain itu, pendaftar harus datang untuk menandatangi pakta integritas 31 Januari pukul 14.00 WIB,” terangnya.
Sementara Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S. mengatakan, pendaftaran dirinya sebagai rektor adalah dorongan dari teman-temannya.
“Pengajuan saya memang bukan inisiatif sendiri, tapi dorongan dari teman-teman. Sehingga tidak ada persiapan yang istimewa, karena sudah banyak orang UB yang tahu track record saya,” ujar Nuhfil kepada Malang Post.
Nuhfil mendaftar pada 26 Januari 2018 pukul 12.30 WIB.
Berbeda dengan Dr. Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc yang maju sendiri, ia mengatakan jika ia memang sudah mempersiapakan matang-matang untuk mencalonkan diri dalam Pilrek UB tahun ini.
“Saya maju sendiri, independent tidak ada golongan. Teman-teman juga support, terutama golongan muda. Sehingga saya optiomis dalam pilrek kali ini,” ungkapnya.
Dr. Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc merupakan pendaftar ketiga pada tanggal 29 Januari 2018 pukul 13.30 WIB. Pada hari tersebut juga bersamaan dengan Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri, M.S, yang merupakan incumbent. Bisri mendaftar pagi sebelum tempat pendaftaran dibuka sekitar pukul 09.00 WIB.
Selain itu, tepat pada Selasa (30/1) kemarin tepat pukul 14.00 WIB, salah satu pendaftar bakal calon rektor dari luar lembaga UB, dan menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian & Kajian Kebijakan Publik IPDN Dr. Drs. Tjahyo Suprajogo, M.Si juga meramaikan gelaran demokrasi di lingkungan akademik tersebut. Pada hari terakhir, rencananya juga akan disusul dari UIN Surakarta, Dr Krth. Sujito Satriyodipuro, S.H, M.PD.
Saat dihubungi Malang Post, Sujito mengatakan jika, ia telah menyiapkan syarat-syarat yang diswajibkan oleh panitia Pilrek UB.
“Berkas sudah saya lengkap semuanya, rencananya saya daftar pukul 11.00 WIB. Dengan pengalaman saya sebagai wakil rektor IV Unikama ingin berpartisipasi menyemarakkan demokrasi. Ini merupakan dorongan teman-teman dan sebagai golongan akademisi ingin ikut bertanggung jawab untuk mengembangkan pendidikan melalui pilrek ini,” pungkasnya. (eri/oci)

Berita Lainnya :