magista scarpe da calcio SMK 4 Tahun Setara Diploma, Skill Lulusan Lebih Matang


SMK 4 Tahun Setara Diploma, Skill Lulusan Lebih Matang

MALANG - Kota Malang tahun ini sudah memulai program SMK empat tahun. Sejumlah SMK negeri mulai mengembangkan program tersebut. Yakni SMKN 3, SMKN 2 dan SMKN 7. Dengan waktu studi yang lebih lama, diharapkan siswa memperolah tambahan skill yang tidak didapatkan karena keterbatasan waktu belajar tiga tahun.

Di SMKN 3 Malang, jurusan Fashion Design telah ada tujuh tahun sebelumnya sebagai program peminatan siswa jurusan Tata Busana. Untuk tahun ini, secara resmi dibuka sebagai jurusan dengan masa belajar empat tahun. Dibanding dengan jurusan Tata Busana, perbedaan terletak pada program belajar siswa.
Dengan masa belajar lebih lama, siswa jurusan Fashion Design akan mendapat tambahan jam belajar di beberapa kompetensi, seperti pembuatan hiasan dan desain busana. Selain itu, bila jurusan Tata Busana difokuskan untuk pembuatan busana industri dan siswa siap bekerja di industri garmen, jurusan Fashion Design lebih mengarah pada pengembangan bisnis busana.
”Tambahah lainnya di jurusan Fashion Design ini ada presentasi hasil karya 18 jam dalam satu semester yang menuntut siswa bisa mendesign, menjahit, dan membuat pagelaran. Mereka harus tampilkan di depan umum dengan manajemen yang dikelola mereka sendiri,” ujar Ana Isro Iliani, Ketua Jurusan Tata Busana SMKN 3 Malang.
Siswa jurusan Fashion Design memiliki skill yang lebih matang karena menjalani prakerin selama dua kali di tahun terakhir, dengan masing-masing selama empat hingga enam bulan. Meski dalam ijazah tercatat sebagai lulusan SMK, namun sertifikat yang diterima dalam uji Lembaga Sertifikasi Profesi berada di level 3 dengan kompetensi ilmu manajemen sebagai pengusaha.
Di SMKN 7  Malang, Peraturan Pemerintah mengenai SMK empat tahun mengubah jurusan Kimia Analisis menjadi empat tahun dengan penambahan kurang lebih 20 persen materi. Jurusan Kimia Analisis tiga tahun, berganti nama menjadi jurusan Analisis Pengujian Laboratorium. Kimia Analisis empat tahun ini hadir untuk mengikuti peluang kerja di dunia industri.

”Skill juga pasti akan lebih bagus karena ada tambahan waktu prakerin di akhir masa studi. Selain itu bisa dikatakan setara dengan D1,” urai Kepala Program Kimia Analisis SMKN 7 Malang.
Sementara itu, di SMKN 2 Malang, program empat tahun dibuka di jurusan Care Giver, kelas Samsung yaitu network aplikasi, dan Parisiwata Maritim. Kepala SMKN 2 Malang H. Bagus Gunawan, S.Pd, M.Si antusias menyambut program ini mengingat pihaknya telah lama mengajukan program ini untuk mengejar kecukupan umur siswa dapat belajar di luar negeri.
”Kami sudah kerjasama dengan Australia sehingga anak-anak dapat magang sekaligus kuliah di sana, namun tidak bisa karena rata-rata setelah lulus SMK, mereka belum 18 tahun,” ujarnya.
Bagus juga mengatakan dengan masa studi empat tahun, membuat siswa memiliki kematangan dari segi pola pikir. Oleh karena itu, tugas membuat kelas empat tahun ini segera dilaksanakannya mengingat spektrum telah keluar dan dilindungi oleh Undang-Undang Pendidikan Nasional.
”Bagi masyarakat di luar SMK 2 maupun SMK 2, baik negeri maupun swasta yang ingin melanjutkan, silakan bergabung. Kami tidak memungut biaya tetapi langsung bergabung dengan bayar SPP, seragam, fasilitas yang diperlukan. Berapapun yang daftar akan kami laksanakan karena Direktorat menyarankan lebih cepat lebih baik,” jelas Bagus. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :