Penuh Makna, Masa Ta’aaruf Siswa MAN 1 Malang

MALANG - Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MAN 1 Malang berlangsung dengan sukses. Kegiatan ini merupakan program orientasi siswa baru yang diikuti sebanyak 371 peserta, yang mendaftar melalui jalur prestasi maupun reguler untuk tahun pelajaran 2017-2018. 
Meskipun dilaksanakan dengan metode klasik, namun tetap terarah dan terukur untuk mencapai hasil yang maksimal. Materi kegiatan disampaikan dengan menggunakan metode presentasi interaktif dengan selingan diskusi dan dialog. Sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup. Ditambah simulasi dan demonstrasi untuk beberapa materi dari tutor semakin membuat kegiatan menjadi lebih menarik. 
Demikian juga dengan kegiatan yang dilangsungkan di luar ruangan. Penyampaian materi didukung dengan perangkat audio-visual, pelatihan serta fun game. Semua materi diberikan secara relevan sesuai tujuan yang diinginkan. 
Matsama sendiri berlangsung tiga hari sejak awal pekan lalu dan dilaksanakan di lingkungan MAN 1 Kota Malang yang berada di Jl. Baiduri Bulan No. 40 Tlogomas, Kota Malang.
Hari pertama, peserta didik baru diorientasikan pada pengenalan lingkungan madrasah. Diawali dengan apel dan silaturahmi dengan keluarga besar MAN 1 Malang, kegiatan dilanjutkan dengan orientasi sarana prasarana dan sosialisasi program bimbingan konseling. 
Di hari kedua, materi diprioritaskan pada pembinaan akhlak dan kemampuan baris berbaris. Materi akhlak secara spesifik dijelaskan pada etika pergaulan. Sementara PBB dibina langsung oleh pihak TNI dari Arhanud Kota Batu. Di sesi akhir, siswa baru dikenalkan dengan seluruh program pengembangan bakat dan minat melalui kegiatan demo ekskul. 
Sementara di hari ketiga, peserta Matsama lebih enjoy dengan kegiatan-kegiatan ekspo ekskul dan inagurasi peserta. Terdapat beberapa stan ekspo yang menyediakan informasi dan pengenalan secara rinci terkait program ekstrakurikuler yang dikembangkan oleh MAN 1 Malang.
Adapun inagurasi, merupakan momentum bagi siswa baru untuk menunjukkan kemampuan mereka di berbagai bidang seni kreativitas. Ini menjadi bagian dari acara pucak Matsama yang kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan serta pelantikan siswa baru.  
Waka Kesiswaan MAN 1 Malang Yasin, S.Pd menjelaskan, tujuan dari kegiatan Matsama ini agar siswa baru cepat menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Termasuk dengan guru dan teman-teman mereka. 
“Pelaksanaan kegiatan  ini lebih ditekankan pada pembinaan karakter siswa baru yang mempunyai akhlakul karimah dan kedisiplinan. Misalnya mengajarkan anak untuk menyapa dan mencium tangan guru, seperti yang kami terapkan selama ini,” ungkapnya.
Selain itu, nilai karakter juga ditekankan pada kemandirian siswa. Jika selama di SMP/MTs mereka cenderung bergantung kepada orangtua, maka mulai saat ini mereka harus belajar mandiri. Dan setiap waktu mereka harus disiplin dan bersosialisasi dengan lingkungannya. 
“Semua nilai karakter dan pengembangan potensi sudah tercakup di kegiatan Matsama, semoga menjadi bekal mereka selama belajar di madrasah ini,” imbuhnya. (mp3/sir/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :